Memonetisasi Podcast Sederhana Dengan Produk Digital

Memonetisasi Podcast Sederhana Dengan Produk Digital

Podcast memiliki popularitas yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Kalau dulu Podcast tidak dilirik, sekarang semua sudah berubah. Banyak selebriti dan influencer yang memulai Podcast dengan berbagai topik.

Di sisi lain, banyak orang yang lebih senang mendengarkan Podcast, ketimbang menonton Youtube. Terutama, saat menggunakan earphone atau headset. Di sinilah, keunggulan Podcast dalam strategi digital marketing

Namun, sebelum memanfaatkan Podcast untuk marketing, yuk kita simak beberapa alasan kenapa harus mempertimbangkan Podcast dengan produk digital:

Alasan Memakai Podcast ke Strategi Digital Marketing

Ada sejumlah alasan kenapa Podcast gak boleh diabaikan dalam digital marketing saat ini. Selain serbaguna dan bisa memperkuat branding, Podcast juga memiliki potensi sampai 3% di dunia marketing.

Pada sekitar 2016, pengiklan menghabiskan iklan di Podcast sampai $190 miliar. Bayangkan, berapa besar angka tersebut pada 2022! Tentunya, akan mengalami lonjakan yang sangat tinggi.

Podcasting adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis. Berikut adalah alasan Podcast sangat cocok untuk mendukung strategi digital marketing Anda:

1. Podcast Atraktif.

Berbeda dengan bentuk konten lainnya, Podcast sangat menarik. Pembaca hanya perlu sekali klik dan mendengarkan.

Jadi, pendengar Podcast masih bisa melakukan kegiatan lain. Seperti menyetir, memasak, minum teh, atau bahkan didengarkan sambil bekerja juga bisa! Podcast bukan aplikasi video yang perlu ditonton dan diperhatikan per detik. Sehingga lebih nyaman diikuti pendengar. Itulah sebabnya, Podcast lebih populer di kalangan masyarakat.

Brand yang memakai Podcast juga tidak harus selalu berupaya keras menjangkau audiens target. Sebab, para pelanggan akan mendapatkan episode terbaru secara otomatis setelah dirilis. Podcast juga dapat menciptakan engagement hingga 25% dan lebih “menonjol” ketimbang aplikasi lainnya.

2. Biaya murah.

Pembuatan Podcast jika dihitung-hitung bisa lebih murah ketimbang platform marketing lainnya. Bahkan, ada beberapa Podcast yang dibuat di rumah, jalanan, atau studio.

Podcasting membutuhkan biaya yang sedikit untuk memulainya dan siapapun bisa segera membuat dengan topik atau tema apa saja. Tidak perlu keahlian khusus dalam skrip. Kalau Anda tidak terlalu bisa berbicara dengan naskah, Anda masih bisa memakai Podcast percakapan/ conversation.

Tak seperti konten foto atau video, biaya untuk membuat Podcast sangat minimalis.

3. Mendorong Lalu Lintas di Situs Web dan meningkatkan strategi SEO.

Setiap kali Anda menghosting podcast, pastikan setiap episodenya memiliki transkrip. Selanjutnya, tambahkan kata kunci spesifik agar lebih mudah ditemukan pendengar.

Hal ini bisa mengarahkan traffic ke website yang akan dibangun. Tautan atau backlink juga bisa ditambahkan ke website. Selanjutnya, tambahkan kata kunci pada bagian judul dan deskripsi Podcast. Anda juga bisa mempublikasikan naskah per episodenya di artikel blog, untuk mengarahkan pengunjung blog ke Podcast.

4. Podcast lebih efektif.

Podcast lebih efektif karena pendengar dipengaruhi oleh apa yang mereka dengar. Dalam survei terhadap 3.00.000 pendengar podcast, 63% menegaskan bahwa mereka membeli produk yang dipromosikan oleh host.

Sebuah pertanyaan diajukan tentang apakah perilaku pembelian mereka dipengaruhi oleh Podcast, dan 71% menegaskan bahwa mereka telah mengunjungi situs web sponsor setelah mendengarkan acara Podcast.

5. Podcast lebih kreatif.

Tidak seperti acara radio, Podcast lebih kreatif karena tidak diharuskan mengikuti pedoman hukum federal untuk kontennya. Itu sebabnya, host bisa lebih kreatif dengan konten dan iklannya. Iklan podcast juga unik!

Host membaca iklan dengan gayanya sendiri. Jadi, tidak terkesan seperti pesan komersial promosi pada umumnya.

Apa itu Produk Digital 'Sederhana'?

Photo by cottonbro from Pexels

Sementara itu, keterkaitan antara Podcast dan produk digital juga sangat erat. Produk digital kini hadir dalam berbagai tingkat kompleksitas. Mulai dari paling sederhana yang dibuat hanya dalam 30 menit. Sementara, ada juga yang dibuat membutuhkan waktu 30 hari.

Produk digital sederhana, ini artinya produk digital yang dibuat hanya dalam waktu kurang dari 30-60 menit. Ingin tahu apa saja produk digitalnya? Berikut di antaranya:

· Ebook dan Panduan Cara

· Tutorial/ How To/ Pelatihan

· Script How-To

· Video Dibalik Layar

· Kursus Audio

Bagaimana Menjual Produk Digital Sederhana Anda?

Betapa menyenangkan, Anda bisa menjadi content creator yang menghasilkan uang jutaan tanpa perlu keluar rumah. Buatlah produk digital sendiri dengan meluangkan sedikit waktu antara 30-60 menit.

Di bagian ini, akan ditunjukkan bagiaman cara mengubah produk digital menjadi uang tunai yang menjadi penghasilan pasif tiap bulan. Secara khusus, kita akan mempelajari beberapa platform untuk menjual produk digital sebagai berikut:

· ConvertKit (telah merilis Commerce, dan gratis hingga 1000 pengguna!)

· Gumroad (daftar secara gratis).

· e-Junkie (gratis coba e-Junkie selama sebulan)

· Mayar.id (platform jualan produk digital di Indonesia. Gratis selama 30 hari)

Dengan mendaftarkan diri ke salah satu platform atau aplikasi tersebut, Anda bisa langsung mulai jualan konten digital untuk meraup pundi-pundi rupiah. Kalau Anda masih awam dengan teknologi, gunakan platform yang paling mudah dipahami atau minta bantuan ke tim customer care terkait.

Jangan khawatir soal biaya! Sebab, pada umumnya platform tersebut menawarkan uji coba di awal pemakai secara GRATIS.

Bagaimana Menjual Produk Digital ke Pendengar Podcast?

Bagian tersulit dari menjual produk digital ke pendengar podcast adalah saat kita akan mengarahkan pendengar agar mau mengunjungi link/tautan atau mengklik URL yang dipromosikan.

Pendengar podcast sering kali sibuk melakukan hal lain, seperti mengajak anjing jalan-jalan, berlari, mengemudi, memasak, dll.

Ada kemungkinan besar mereka tidak mengingat URL produk digital tersebut saat mereka membuka komputer atau ponsel mereka nanti.

Lalu, bagaimana solusinya? Ada beberapa cara agar Anda tetap bisa menjual produk digital ke pendengar podcast Anda, yaitu:

1.    Minta pendengar untuk subscribe atau mendaftar ke list email Anda.

2.    Gunakan PixelMe untuk memperpendek URL Anda. Lalu, sematkan URL dari Pixel tersebut dan targetkan ulang dengan iklan produk Anda.

1.    Buat Daftar Email/ Listing email.

Strategi pertama adalah langsung meminta pendengar agar mau subscribe list email. Hal ini akan sangat mempermudah manajemen pendengar dan membangun basis pendengar atau fans Podcast Anda.

Email mudah dibagikan dan multifungsi. Bila ada notifikasi atau info terupdate, Anda bisa langsung menjangkau pendengar.

2.    Menargetkan Ulang Dari Mana Saja.

Strategi kedua adalah membagikan episode Podcast di media sosial. Di sinilah peran penting Pixelme agar memperpendek URL sehingga mudah disematkan di Facebook, Twitter, atau Google Adwords, dan hampir semua tautan yang ingin Anda bagikan ke internet/ media sosial lainnya.

Ayo, Mulai Memonetisasi Podcast Anda!

Photo by cottonbro from Pexels

Perlu diingat, pilihlah satu topik atau tema yang spesifik. Bisa mudah dibagikan dan cepat dipahami pendengar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Silakan share artikel ini jika Anda suka atau hubungi [email protected]untuk kendala dan pertanyaan lainnya.

Source img: Photo by RODNAE Productions from Pexels