Artikel AI untuk Bantu Penulisan Konten, Gak Bahaya ta?

Artikel AI untuk Bantu Penulisan Konten, Gak Bahaya ta?

Anda pasti sempat mendengar atau bahkan sudah mencoba membuat artikel AI? Ya, kemajuan zaman berbasis kecerdasan buatan/ AI sudah tak terbendung lagi. Berbagai konten seru dan kreatif dapat diciptakan dengan bantuan mesin AI yang canggih.

Tak terkecuali dalam hal pembuatan penulisan, artikel AI biasanya dipakai untuk menambah traffic website blog, copywriting iklan, hingga membuat konten di media sosial yang mengundang followers sebanyak-banyaknya.

Menariknya, sekarang penggunaan artikel AI bukan hanya diterapkan perusahaan skala besar, tapi juga untuk bisnis kecil, UKM, dan para blogger. Memang penulisan memakai kecerdasan buatan masih belum se-sempurna buatan manusia.

Akan tetapi, setidaknya kita bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya karena usaha akan terus melakukan efisiensi.

Lebih lanjut, ada yang bilang pada 2023 konten – konten seperti artikel AI akan menyumbang sekitar 46% dari total situs web.

Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan visibilitas bisnis di jagad maya, tak ada salahnya menggabungkan konten yang dibuat oleh tim marketing dan konten dari AI agar lebih menarik perhatian audiens website.

Tapi bagaimanapun AI adalah mesin dan bukanlah manusia, apakah konten yang dibuat bikin untung atau malah buntung? Untuk menjawabnya, mari kita pelajari dulu apa pengertian artikel AI, tujuan, serta kelebihan dan kekurangannya di ulasan kali ini, ya!

Artikel AI adalah inovasi penulisan modern memakai kecerdasan buatan

Kecerdasan Buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang terus berkembang. Istilah AI pertama kali digunakan oleh John McCarthy pada tahun 1956, dan AI sendiri singkatan dari "Artificial Intelligence/ kecerdasan buatan."

Mungkin Anda setuju betapa merepotkannya menulis itu, entah penulisan tugas sekolah, artikel, esai, jurnal skripsi kuliah, dan sebagainya. Kendala umum penulisan artikel di antaranya salah pengetikan (typo), tata bahasa yang rumit, serta menemukan ide topik yang akan ditulis.

Itulah mengapa, menulis sangat sulit dan memakan waktu bagi sebagian orang. Untungnya, teknologi AI datang menjadi solusi. Alat penulisan artikel AI seperti ChatGPT, WordHero, WriteSonic, dan masih banyak lagi dapat membantu proses penulisan secara otomatis. Jadi, Anda dapat lebih fokus ke tugas-tugas penting lainnya, seperti membuat ide kampanye iklan, broadcast ke pelanggan, dsb.

Memakai alat penulis artikel AI akan menghemat waktu, biaya produksi konten lebih murah, serta dapat menghasilkan konten lebih memikat bagi audiens.

Sayangnya, dari segi kualitas, konten yang ditulis memakai mesin tidak seperti buatan manusia. Terkadang, bahasanya kaku, sulit dipahami, atau memakai kalimat tidak umum. Ada baiknya, periksa ulang artikel AI sebelum benar-benar dipublish di website Anda.

Baca juga: Optimalkan Copywriting Pada Landing Page Menggunakan MAIA

Tujuan Pembuatan Artikel

Ada beberapa tujuan positif membuat artikel untuk mendukung keberhasilan bisnis. Berikut di antaranya:

1. Berbagi informasi

Tujuan utama dalam menulis artikel adalah untuk menghibur, memberikan informasi, memberikan pengetahuan, dan mempengaruhi para pembaca. Artikel seringkali diterbitkan di berbagai media, seperti surat kabar, majalah, buletin, dan situs web.

Di sebagian besar artikel yang dipublikasikan secara daring untuk pembaca umum, bahasanya cenderung santai. Tone atau nada artikel bisa berupa sindiran, humor, serius, atau penuh pemikiran, dan bahasanya langsung menghubungkan dengan para pembaca.

Dalam hal bisnis, tentunya artikel dibuat untuk tujuan persuasi. Ini artinya, artikel bertujuan untuk mengevaluasi suatu produk/ layanan dengan bahasa meyakinkan audiens agar mereka tertarik membeli atau menjadi pelanggan.

2. Mendapatkan traffic dari google

Tujuan yang paling utama, tentunya Anda ingin situs web bisnis Anda muncul di hasil penelusuran Google ketika audiens mencari topik atau produk yang relevan dengan bisnis Anda.

Gimana caranya? Nah, Anda harus memastikan konten artikel AI tetap relevan, berkualitas, dan dioptimasi memakai kata kunci yang tepat. Dengan begitu, banyak audiens yang akan mengunjungi website Anda dan tertarik mencari info tentang produk/ layanan yang ditawarkan.

3. Meningkatkan brand visibility/ visibilitas merek

Visibilitas merek adalah seberapa dikenal merek Anda oleh calon pelanggan. Untuk meningkatkan popularitas bisnis, Anda harus fokus pada strategi branding yang kuat. Misalnya, membuat blog artikel agar membangun citra merek yang positif dan konsisten.

Selain itu, Anda juga bisa memposting info menarik dan relevan di media sosial agar audiens bisa terus berinteraksi.

Konten-konten yang berhasil diciptakan sesuai nilai dan kepribadian bisnis Anda akan meningkatkan popularitas merek Anda agar semakin dikenal luas.

Pro vs Kontra Penulisan Artikel AI

Alat penulis artikel AI berbasis kecerdasan buatan akan sangat membantu tugas penulisan. Alat ini secara otomatis memberikan hasil sesuai instruksi Anda dan selanjutnya dapat diedit sesuai kebutuhan.

Meski memiliki sejumlah keunggulan, alat ini juga punya kekurangan. Ayo kita bahas lebih rinci masing-masing poinnya.

Pro

- Membuat artikel menjadi lebih cepat dan efisien

Dengan alat penulisan AI, kita bisa menulis konten dalam waktu yang jauh lebih singkat, sehingga bisa lebih fokus pada bisnis kita. Padahal, menurut studi dibutuhkan waktu 4 jam bagi manusia membuat konten berkualitas 1300 kata.

Banyak yang memuji bahwa alat penulisan berbasis AI dapat meniru gaya penulisan manusia, sehingga lebih mudah bagi pembaca memahami.

Di sisi lain, si penulis juga dapat terhindar dari stres karena jenuh atau kelelahan. Manfaat ini memungkinkan bisnis menciptakan konten secara efisien dan cepat.

- Lebih murah dari segi biaya produksi

Perusahaan terus mencari cara mengurangi biaya dengan memanfaatkan pembelajaran mesin untuk menulis artikel, laporan, dan konten lainnya.

Keuntungannya adalah alat penulis berbasis AI bisa menghasilkan konten dengan biaya yang lebih rendah dibanding penulis manusia, sehingga dapat mengurangi biaya operasional hingga 75%.

Alat ini juga menghemat perusahaan dari biaya pelatihan / training penulisan dan memungkinkan mereka fokus pada hal-hal yang lebih penting.

- Bisa menulis artikel tentang apa saja

Menurut sebagian besar orang, mereka menganggap “writer’s block” adalah tantangan umum para penulis. Sulit untuk secara konsisten menghasilkan konten baru, unik, dan kreatif yang dapat bersaing dengan konten lain di Internet.

Tujuan Anda adalah untuk menghasilkan minat dan konversi dengan konten berkualitas tinggi, dan itu bisa sangat stres jika ide-ide kreatif Anda sedang mati.

Penulis artikel AI bisa sangat membantu dalam hal pembentukan ide, dengan kemampuannya untuk membuat kerangka tulisan blog, judul, poin-poin pembicaraan, dan banyak lagi.

Kontra

- Artikel kedetect oleh Google sebagai buatan AI

Alat-alat berbasis AI seringkali mengambil contoh konten tertulis dari internet, yang dilarang oleh ketentuan Google untuk membuat konten yang dihasilkan secara otomatis. Google juga menganggap konten AI sebagai spam, yang memengaruhi performa konten Anda di mesin pencari.

Banyak alat AI mengambil potongan konten dari situs web lain lalu mengubah kata-kata (paraphrase). Hal ini bertentangan dengan pedoman Google tentang menggabungkan konten dari berbagai halaman web.

- Bahasa yang digunakan sangat kaku

Alat penulis artikel AI belum sepenuhnya mampu menghasilkan konten yang sesuai dengan nada dan gaya khusus merek Anda secara tepat.

Pasalnya, alat AI ini diprogram untuk menggunakan tone yang paling umum, seperti antusias, profesional, lucu, sindiran, dan sebagainya. Meskipun bisa membantu pengguna mendekati cara mereka menulis, sulit untuk membuat AI meniru gaya penulisan unik Anda.

Hal ini berarti Anda harus memeriksa dengan cermat hasilnya dan mengubahnya agar sesuai dengan preferensi Anda.

- Menyebabkan ketergantungan pada AI

Satu kelemahan penting lainnya dari penggunaan mesin penulis artikel AI adalah potensi menciptakan ketergantungan pada teknologi tersebut. Ketika Anda mulai mengandalkan AI untuk menghasilkan konten, Anda mungkin merasa kurang termotivasi atau terdorong untuk mengembangkan keterampilan menulis Anda sendiri atau mengandalkan tim penulis manusia.

Ketergantungan ini bisa menjadi masalah ketika teknologi AI mengalami gangguan atau ketika Anda ingin menyesuaikan konten lebih spesifik atau personal.

Selain itu, jika Anda hanya mengandalkan AI untuk menghasilkan konten, Anda mungkin kehilangan sentuhan kreatif dan keunikan yang hanya bisa diberikan oleh penulis manusia.

Baca juga : Bikin Iklan Promosi Gak Pusing dengan MAIA

Jenis AI yang Dapat Digunakan untuk Menulis Artikel

Ada beberapa alat berbasis kecerdasan buatan yang dapat digunakan untuk menulis artikel. Beberapa di antaranya adalah:

ChatGPT

ChatGPT adalah salah satu model bahasa AI yang dapat digunakan untuk menghasilkan konten tertulis. Contohnya, ChatGPT dapat digunakan untuk menulis artikel, esai, dan berbagai jenis konten lainnya.

Reword

Reword adalah alat yang dirancang khusus untuk mengubah kata-kata dan kalimat dalam teks sehingga menghasilkan variasi dari konten yang sudah ada. Alat ini cocok untuk  membantu menghasilkan variasi dalam artikel.

Simplified

Simplified adalah alat yang dapat menyederhanakan teks yang ada, membuatnya lebih mudah dipahami dan diakses oleh berbagai audiens.

Writesonic

Writesonic adalah platform penulisan berbasis AI yang menghasilkan berbagai jenis konten, termasuk artikel. Keuntungannya adalah membantu penulis menghasilkan konten secara cepat dan efisien.

Permudah Copywriting Website/ Landing Page Anda Bersama MAIA (Mayar AI Assistant)

Sebagai penutup, mari perkenalkan MAIA (Mayar AI Assistant), asisten virtual yang akan membantu pengembangan copywriting dan konten Anda untuk landing page atau website bisnis.

Dengan MAIA, Anda tidak hanya akan mengasah keterampilan menulis Anda, tetapi juga mendapatkan panduan cerdas untuk menciptakan konten yang efektif dan menarik.

MAIA membantu Anda merancang copywriting sesuai kebutuhan, seperti menyesuaikan gaya/ tone, menghemat waktu, serta biaya pembuatan landing page secara gratis di Mayar.

Mulai aja dulu SIGN UP Mayar sekarang dan luncurkan landing page bisnis Anda dibantu MAIA dalam hitungan menit!