Cara Membuat Sistem Bayar Online Bisnis, UKM Makin Untung!

Cara Membuat Sistem Bayar Online Bisnis, UKM Makin Untung!

Sobat Mayar, apakah bisnis Anda sudah melayani transaksi non tunai? Kalau sudah, beruntung sekali! Bagi yang belum, inilah saatnya menyediakan sistem bayar online.

Sebagai pelaku UKM di era digital, rasanya sistem bayar online di masa kini adalah sebuah keharusan.

Lambat laun, pelanggan terutama kaum Zilenial akan semakin sering memakai  metode pembayaran online atau non tunai.

Kenapa begitu? Coba lihat saja, dikutip dari laman Databoks Katadata, menurut laporan “Mobile Wallets Repoort 2021”, sekitar 73 persen warga Indonesia memakai dompet digital untuk membayar secara online.

Ini artinya, minat masyarakat dalam pembayaran non tunai sangat tinggi. Jadi, kalau sampai bisnis Anda belum menerapkan pembayaran online, tentunya boleh dibilang jika sudah ketinggalan zaman.

Demikian pula, bisnis UKM seperti toko kelontong, kios pulsa, kios makanan, hingga warung makan, maupun pedagang yang berjualan di toko fisik, sangat direkomendasikan menerapkan pembayaran online.

Cara Membuat Sistem Pembayaran Online Bagi UKM

Sekarang setelah memahami pentingnya sistem bayar online,  mari kita pelajari bagaimana cara membuat sistem pembayaran online untuk bisnis Anda.

Mayar sebagai perpanjangan tangan (extension) payment gateway menyediakan berbagai kemudahan dan fitur pembayaran online.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1.    Pertama login ke aplikasi Mayar.

2.    Buat form pembayaran atau laman pembayaran di Mayar. Dengan cara klik tombol “Buat” >> “Buat Link Pembayaran”.

3.    Lengkapi kolom-kolom di dalam form isian sesuai petunjuknya, seperti: nama produk/ jasa, harga, deskripsi, dll.

4.    Copy-paste (salin-tempel) Link Pembayaran untuk dikirimkan ke Whatsapp atau email pelanggan.

5.    Anda juga bisa menggunakan beberapa sistem pembayaran online seperti QRIS di meja kasir agar mudah di-scan pelanggan/ pembeli.

Informasi cara membuat Link Pembayaran produk atau produk di atas sangat mudah diterapkan, bahkan bagi pemula. Tanpa perlu keterampilan teknis atau keahlian coding apapun, membuat Payme Link Mayar semudah copy-paste.

Lihat tutorial selengkapnya di video berikut:

Setelah Link Mayar tersebut selesai dibuat, pelanggan cukup mengklik untuk diarahkan ke laman metode pembayaran.

Anda juga bisa membagikan tautan ke email, Whatsapp, atau DM Instagram untuk mempercepat proses penagihan.

Baca juga: Tombol Bayar Untuk Website dan Blog (Checkout with Mayar)

Jenis-jenis Sistem Pembayaran Online di Indonesia yang Terpopuler

Berbagai jenis sistem pembayaran online menawarkan keuntungan dan fitur berbeda bagi bisnis Anda.

Pertimbangkan metode pembayaran online yang difavoritkan warga Indonesia berikut:

1. Pembayaran kartu kredit/ kartu debit

Di zaman sekarang tampaknya jarang ada orang yang berbelanja membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Kalaupun ada, pembeli sudah mempersiapkan sejak awal membawa koper besar untuk membayar produk/ barang tersebut.

Sebagai contohnya, toko emas permata. Pembeli yang sedang belanja perhiasan akan lebih mudah membayar pakai kartu kredit. Mereka tidak khawatir kehabisan uang di dompet, karena sudah membawa kartu kredit.

Hal sama berlaku untuk pelanggan yang belanja di toko grosir, katakanlah belanja popok atau susu bayi umumnya bisa menghabiskan ratusan ribu hingga jutaan.

UKM atau toko yang menyediakan sistem pembayaran online kartu kredit/ kartu debit akan menyederhanakan transaksi.

Pun begitu, bagi pelanggan yang semula hanya melihat-lihat dan ingin beli tapi tidak bawa uang tunai banyak di dompet, akan mudah membeli barang di UKM toko tersebut.

2. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)

Bertahun-tahun lalu, mungkin hanya perusahaan skala besar yang menyediakan pembayaran online metode QRIS.

Akan tetapi, coba lihat sekarang! Pedagang gerobak kaki lima atau kios tepi jalan menyediakan QRIS untuk mempermudah transaksi pelanggan.

Cukup scan dengan ponsel pintar, uang langsung masuk ke rekening usaha Anda.

3. Dompet digital

Warga Indonesia mana yang tak mengenal aplikasi dompet digital, seperti ShopeePay, DANA, OVO, Gopay, dan sejenisnya? Hampir semua orang kini menginstal dompet digital.

UKM yang menerima pembayaran online dengan metode dompet digital akan mendapatkan berbagai keuntungan.

Di antaranya peningkatan penjualan karena mungkin ada pelanggan yang berbelanja impulsif atau mendadak bisa membayar secara praktis lewat aplikasi seluler.

Tautan atau Link Pembayaran adalah URL atau kode QR yang aman agar bisa dibagikan ke pelanggan untuk menagih pelunasan.

Bukan hanya menagih, Link Pembayaran adalah cara instan menerima pembayaran apapun, termasuk donasi/ penggalangan dana, patungan, arisan, bayar belanjaan, dan masih banyak lagi.

Karena berbentuk tautan atau link, Anda bisa mengirimkannya ke email, Whatsapp, Telegram, media sosial, atau menyematkan di blog, Youtube description, dan website.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Tombol Check-out ala Mayar di Landing

FAQ Sistem Pembayaran Online

Apa itu sistem pembayaran online?

Sistem pembayaran online adalah setiap pembayaran yang dilakukan melalui internet.

Banyak UKM dan e-Commerce menerima pembayaran online untuk memudahkan pelanggan membeli barang dan jasa.

Pebisnis juga sering menggunakan pembayaran online untuk membayar vendor dan karyawan.

Apa saja jenis pembayaran online?

Pembayaran kartu kredit/ kartu debit, dompet digital (ShopeePay, Gopay, DANA, OVO, LinkAja, Jenius, dll), QRIS, Akulaku, Paylater, gerai mini market (Alfamart/ Indomaret), transfer bank/ virtual account, dll.

Apa saja contoh pembayaran online?

Ada banyak jenis pembayaran online. Contohnya:

· Pengunjung website membayar webinar atau kursus online memakai kartu kredit atau kartu debit secara online.

· Pelanggan membayar tagihan bulanan via Link Pembayaran untuk berlangganan Wi-Fi dari usaha internet rumahan Anda.

· Konsumen membeli nasi ayam geprek via scan kode QRIS di meja kasir.

· Seorang freelancer desain website mengirimkan tagihan digital berupa Link Pembayaran kepada klien yang sudah memakai jasanya.

Kenapa Bisnis Kekinian Harus Pakai Sistem Pembayaran Online?

Pertanyaan di atas berawal dari popularitas ponsel pintar yang terus bertambah di tanah air.

Sekitar 90% warga Indonesia memiliki ponsel pintar, mereka juga menggunakannya secara aktif untuk berselancar di dunia maya.

Bayangkan jika bisnis Anda tidak menyediakan sistem pembayaran online, tentunya bisnis Anda kehilangan peluang untuk memikat calon pelanggan potensial, kan?

Generasi Z dan generasi Y sudah sangat lekat dengan teknologi digital. Kemungkinan besar mereka menggunakan e-Wallet, seperti ShopeePay atau Gopay, ketimbang membawa uang tunai di dalam dompet.

Keuntungan Bagi UKM Pakai Sistem Bayar Online

Setelah Anda memutuskan untuk menyediakan sistem transaksi online, segera daftar akun Mayar agar segera terealisasikan. Sistem pembayaran online menawarkan berbagai keuntungan, antara lain:

1. Kesederhanaan

Tidak perlu membangun perangkat lunak dari nol untuk menyediakan sistem pembayaran online dari Mayar ke dalam bisnis Anda.

2. Keamanan

Dengan bekerja sama dengan Mayar, Anda dapat memastikan data informasi yang aman, sesuai standar PCI DSS, dan diawasi Bank Indonesia.

3. Otomasi bisnis

Mayar menghadirkan otomasi bisnis agar Anda lebih fokus mengerjakan tugas inti yang lebih penting, ketimbang hanya mengurusi tugas administrasi berulang. Mulai dari pencatatan transaksi, data pelanggan, analitik, hingga copywriting, dan pembuatan landing page dibuat otomatis oleh Mayar.

4. Integrasi

Keuntungan UKM memakai sistem bayar online adalah integrasi. Mayar dapat diintegrasikan dengan Zapier agar Anda bisa menghubungkan hampir 5.000+ aplikasi berbeda.

Tak cuma menerima pembayaran online yang mudah, Anda bisa mengintegrasikan dengan fitur aplikasi lain. Sebagai contohnya, Anda bisa menghubungkan Mayar dengan Gmail, Mailchimp, Slack, Notion, Discord, dll.

Selain itu, Mayar juga memungkinkan website UKM terhubung dengan aplikasi CRM seperti Salesforce atau Hubspot tanpa perlu koding sama sekali, cukup melalui Pipedream dan Zapier.

Nikmati lebih dari 5.000 aplikasi populer dan fungsional untuk mengotomasikan berbagai tugas operasional bisnis dengan integrasi Mayar.

5. Biaya rendah

Karena tak ada biaya pembuatan gateway, perekrutan programmer, atau membangun desain algoritma sistem, biaya penerapan sistem pembayaran online oleh Mayar akan lebih ekonomis.

Tersedia paket Starter promo Rp nol alias gratis. Bisnis UKM atau start-up tak perlu khawatir, memulai langkah bisnis bersama Mayar cukup terjangkau, mulai Rp 349ribu per bulan. Dijamin masih bersahabat dengan anggaran usaha Anda, kan!

Baca juga: Cara Mudah Bikin Tombol Check-out ala Mayar di Landing Page Bisnis

Raih Keuntungan Usaha Optimal dengan Sistem Pembayaran Online oleh Mayar

Idealnya, semua UKM dan bisnis menengah saat ini menerapkan sistem pembayaran online bagi pelanggan. Pasalnya, cepat atau lambat teknologi digital akan mengambil alih pembayaran tradisional.

Biarpun demikian, dengan sistem pembayaran online Mayar, UKM Anda tetap bisa melayani model pembayaran non tunai maupun tunai.

Mayar dilengkapi fitur antarmuka dashboard yang sederhana, sehingga mudah dipahami dan dianalisis. Setiap data transaksi tersimpan otomatis berbasis teknologi Cloud yang aman dan terenkripsi.

Sebagai kesimpulan, sistem pembayaran online Mayar merupakan sistem yang mudah disiapkan dan biaya memulai gratis. Sangat cocok untuk UKM, bisnis menengah, freelancer, toko online/ e-Commerce, maupun toko fisik.

Tunggu apalagi, mulai UKM go digital bareng Mayar! Daftar akun Mayar GRATIS. Info lebih lanjut atau ada pertanyaan silakan email: [email protected].

Anda juga bisa menjangkau Mayar melalui akun media sosial, Twitter @mayar_id_ atau Instagram @mayar_id.