Cara Menggunakan Link Pembayaran, Terima Uang Praktis!

Cara Menggunakan Link Pembayaran, Terima Uang Praktis!

Sobat Mayar, tahukah Anda pada dasarnya cara menggunakan Link Pembayaran membantu otomasi bisnis?

Bagaimana tidak, Link Pembayaran berupa URL atau kode QR akan langsung mengarahkan pelanggan ke laman pembayaran secara otomatis. Hebatnya lagi, Anda bisa membuat laman ini dalam hitungan menit.

Satu Link Pembayaran bisa dipakai berulang-ulang untuk semua pelanggan atau disesuaikan kebutuhan bisnis Anda. Seperti halnya faktur tagihan, Link Pembayaran juga dapat digunakan atau dikirimkan ke pelanggan dalam jumlah tak terbatas.

Tapi, bagaimana cara menggunakan Link Pembayaran agar mendukung digitalisasi bisnis Anda? Sebelum membahasnya, Anda sebaiknya memahami terlebih dulu manfaatnya berikut:

Link Pembayaran memungkinkan Anda menerima pembayaran online dengan mudah tanpa repot membangun sistem lainnya.

Ibaratnya, Link Tautan seperti sebuah surat tagihan dalam bentuk tautan atau kode QR, langsung mengarahkan pengeklik ke laman pembayaran.

Dengan kata lain, begitu pelanggan atau siapapun yang menerima Link Pembayaran akan langsung “diantar” ke laman transaksi. Ini artinya, bisnis Anda akan menerima uang secara cepat dan mudah dari para pelanggan.

Lagi pula, di zaman sekarang, mengirimkan surat tagihan berwujud kertas sudah tidak relevan. Selain rentan sobek atau hilang, surat tagihan seringkali diabaikan begitu saja.

Berbeda dengan “tagihan modern” berupa Link Pembayaran. Usaha Anda tak perlu mengeluarkan ongkos membeli kertas, amplop, maupun pencetakan faktur.

Pada gilirannya, tentu perusahaan yang makin untung. Selain hemat biaya dan tenaga, usaha Anda bisa lebih ramah lingkungan karena paperless.

Dalam dunia akuntansi dan bisnis,  sangat penting memahami perbedaan faktur tagihan dan Link Pembayaran.

Faktur adalah dokumen yang dikirimkan ke pelanggan agar mau melunasi tagihannya. Di dalam faktur terdapat rincian jumlah harga, tanggal jatuh tempo, detail produk, dll.

Di sisi lain, Link Pembayaran adalah tautan yang bisa diklik pelanggan agar melakukan pembayaran tanpa repot mengisi data apapun.

Biarpun sama-sama mengarahkan pelanggan agar membayar, namun perbedaan utama keduanya adalah kecepatan dan kepraktisannya.

Setelah memahami perbedaan keduanya, Anda bisa memutuskan metode mana yang terbaik bagi bisnis.

Berikut adalah poin utama perbedaan surat tagihan dan Link Pembayaran:

Link Pembayaran

Surat tagihan

Terikat ke produk tertentu

Terikat ke pelanggan tertentu

Dapat digunakan kembali

Tidak dapat digunakan kembali

Perlu dicatat bahwa bisnis yang perlu menagih pembayaran dengan cepat, sebaiknya pilih Link Pembayaran, khususnya UKM atau bisnis yang belum punya website atau hanya mengandalkan penjualan via Instagram/ Facebook saja.

Lagi pula, Link Pembayaran lebih efisien, aman, dan mudah digunakan ketimbang surat tagihan. Selain itu, Link Pembayaran memberikan transparansi dan analisis yang tepat. Pebisnis bisa melacak dan memastikan pembayaran diterima tepat waktu.

Baca juga: Bill Payment Mayar, Kelola Pengeluaran Bisnis Makin Praktis

Sebelum mempelajari cara menggunakan Link Pembayaran, mari kita lihat lebih dekat kriteria ideal saat memutuskan penggunaan Link Pembayaran Anda.

Prosesnya harus mudah bagi pelanggan

Pertama, pastikan tersedia bermacam-macam opsi pembayaran.  Pelanggan harus bisa membayar sesuai metode pilihannya. Entah itu, kartu kredit, ShopeePay, Gopay, Alfamart/ Indomaret, atau metode pembayaran lainnya.

Misalnya, pembayaran memakai dompet digital atau transfer bank sekarang semakin digemari masyarakat modern yang melek teknologi. Biarpun begitu, masyarakat juga tak sedikit yang menyukai pembayaran tunai/ langsung tanpa kartu, seperti Alfamart/ Indomaret.

Periksa apakah cocok dengan bisnis online Anda

Saat ini, toko online bukanlah satu-satunya cara jualan produk atau jasa secara online.

Ada banyak opsi lain yang lebih cepat dan gampang tanpa perlu keterampilan teknis apapun. Contohnya, berjualan di media sosial, seperti Instagram dan Facebook.

Bila Anda menggabungkan metode pembayaran digital seperti Link Payment dengan bisnis online, maka akan memberikan pelanggan akses transaksi yang lebih cepat.

Bagaimana Anda akan mengelola transaksi online

Dalam jual-beli online, tentunya Anda butuh manajemen pembayaran online yang efisien. Hal ini sangat penting agar arus keuangan terkendali dan terorganisir.

Artinya, Anda mungkin perlu memiliki sistem manajemen akuntansi yang terkomputerisasi. Jangan sampai ada transaksi yang terlewatkan atau tidak tercatat.

Untungnya, dengan Link Pembayaran Mayar, semua transaksi akan tersimpan secara otomatis. Membuat manajemen finansial bisnis Anda lebih rapi, modern, dan real-time.

Untuk memaksimalkan penggunaan Link Pembayaran, penting memahami langkah-langkahnya di bawah ini. Mari kita simak selengkapnya, yuk!

Proses untuk membuat Link Pembayaran sangat mudah. Yang perlu dilakukan adalah mendaftar ke sistem pembayaran online, seperti Mayar.id,  dan membuat akun.

Setelah selesai mendaftar akun, Anda dapat membuat Link Pembayaran. Anda harus memasukkan beberapa detail dasar, seperti nama dan jumlah yang ingin diterima. Setelah memasukkan detail ini, Link Pembayaran selesai dibuat.

Link Pembayaran yang sudah dibuat dapat dibagikan ke pelanggan dalam berbagai cara. Anda bisa membagikan lewat media sosial, email, SMS, Whatsapp, dan lainnya.

Selain itu, Anda bisa memakai tautan tersebut untuk membuat kode QR yang bisa di-scan pelanggan melalui kamera ponsel.

Langkah #3: Terima pembayaran

Oke, tahap terakhir adalah proses yang paling mudah. Yang perlu dilakukan hanyalah mengikuti petunjuk di laman tersebut. Setelah menerima uangnya, Anda bisa mengakses dana di akun tersebut.

Link Pembayaran adalah tagihan digital dalam bentuk tautan untuk mempermudah pembayaran secara online. Pengirim cukup copy-paste tautan tersebut melalui email, Whatsapp, atau metode lainnya.

Saat penerima mengklik Link Pembayaran online, mereka akan melihat tagihan digital yang perlu dilunasi. Selanjutnya, membayar dengan transfer bank atau dompet digital.

Link Pembayaran bisa dibuat di dalam antarmuka Mayar.id. Setelah dibuat, Anda dapat mengirim tautan pembayaran sederhana dalam beberapa klik.

Tautan tersebut akan aktif selama jangka waktu yang ditentukan. Jika pelanggan belum membayar, Anda dapat mengirimkan kembali tautan tersebut.

Sebaliknya, jika tautan kedaluwarsa, pesanan akan dibatalkan atau membuat tautan pembayaran yang baru.

Setelah pelanggan melunasi tagihan pembayaran itu, notifikasi dengan detail transaksi dan status terkini akan terkirim otomatis.

Sebenarnya, hampir semua bisnis cocok menggunakan Link Pembayaran, terutama bagi bisnis di era digital.

Contohnya, perusahaan dengan pesanan khusus, bisnis perhotelan, agen travel, dan masih banyak lagi.

Saat ini berbagai metode pembayaran tersedia untuk Link Pembayaran. Antara lain: dompet digital, kartu kredit/ kartu debit, transfer bank (virtual account), mini market, paylater, QRIS, dll.

Link pembayaran bisa dikirimkan ke hampir semua saluran digital, termasuk email, Telegram, Whatsapp, DM media sosial, dan sebagainya.

Setelah pelanggan mengeklik tautan itu, mereka diarahkan ke laman pembayaran tanpa harus berpindah website sehingga lebih nyaman dan aman dalam bertransaksi.

Data pribadi yang dimasukkan pembeli saat melakukan transaksi lewat tautan Mayar Link tidak dapat dilihat oleh siapapun dan terenkripsi.

Mayar menerapkan standar keamanan tersertifikasi PCI DSS dan diawasi Bank Indonesia dalam penyimpanan informasi sensitif sehingga data lebih aman. Mayar bertindak sebagai antarmuka pembayaran untuk membantu dana agar langsung dicairkan ke rekening Anda.

Dashboard Mayar memungkinkan pengguna memantau status pembayaran secara real-time, serta menganalisis uang yang masuk-keluar supaya Anda lebih mudah membuat laporan keuangan.

Saat pelanggan menyelesaikan pembayaran lewat Link Mayar, Anda akan menerima notifikasinya secara otomatis via email dan tercatat rapi di dashboard.

Baca juga: 5 Jenis Link Pembayaran di Indonesia Terpopuler, Ada Xendit hingga Mayar!

Seperti yang mungkin Anda ketahui, Mayar bertindak sebagai perpanjangan tangan Payment Gateway.

Dengan Mayar, integrasi Payment Gateway akan lebih sederhana dan praktis, karena biaya lebih murah dan tanpa proses koding sama sekali.

Anda bisa membuktikan sendiri, bila menggunakan integrasi Payment Gateway, ada biaya tinggi yang harus dikeluarkan, seperti maintenance cost, sewa programmer, serta proses koding butuh waktu hingga berbulan-bulan.

Masih pikir-pikir? Mulai aja dulu dengan Paket Starter Promo Rp 0 alias Gratis hari ini! Terima pembayaran jutaan dari pelanggan Anda semudah menggerakkan jari dalam sekali klik dengan Mayar Payme Link. Daftar sekarang!