5 Jenis Link Pembayaran di Indonesia Terpopuler, Ada Xendit hingga Mayar!

5 Jenis Link Pembayaran di Indonesia Terpopuler, Ada Xendit hingga Mayar!

Ada berapa jenis Link Pembayaran di Indonesia? Saat ini, mungin sudah ada beberapa jenis Link Pembayaran di Indonesia yang bermunculan.

Coba ingat-ingat, sebagai pelaku UKM atau pebisnis, pernahkah pelanggan komplain karena toko Anda belum menyediakan pembayaran non tunai?

Meskipun Anda hanya membuka toko kelontong, atau katakanlah warung makan kaki lima, jangan sampai membiarkan pelanggan kesulitan membayar.

Di masa sekarang, tak semua pelanggan membawa uang tunai dalam jumlah besar di dompet. Tapi, perlu diingat, pelanggan Anda pasti membawa smartphone atau HP.

Nah, kondisi inilah yang membuat bisnis Anda harus segera beralih ke pembayaran digital agar pelanggan bisa membayar transaksi cukup melalui smartphone atau HP-nya.

Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah dan murah! Tak perlu repot membuat software atau website baru. Yang Anda butuhkan adalah membuat Link Pembayaran.

Sepintas mendengar istilah Link Pembayaran, Anda yang masih awam mungkin sudah bisa menebak jika pembayarannya melalui tautan atau link.

Tak salah dugaan Anda, karena Link Pembayaran memang berupa tautan atau link yang mengarahkan pengguna pada laman pembayaran online, seperti transfer bank (virtual account), dompet digital, kartu debit/ kartu kredit, dan metode pembayaran digital lainnya.

Dengan cara ini, baik pebisnis maupun pelanggan akan diberi kemudahan soal bertransaksi. Pelanggan bisa membayar dengan berbagai metode, sementara si pedagang juga bisa menerima dana kapanpun dan dimanapun.

Link Pembayaran dapat digunakan dalam banyak bisnis. Di artikel kali ini kita akan membahas beberapa jenis Link Pembayaran di Indonesia yang bisa dipertimbangkan.

Baca juga: Aplikasi Headless Commerce Solusi Jualan Online Masa Depan

Banyak jenis Link Pembayaran di Indonesia yang menawarkan fitur tautan sekali klik dalam menerima uang atau membayar belanja apapun. Berikut daftarnya!

1. PayPal

Di dunia e-Commerce, PayPal sudah memiliki nama yang bersinar. Dengan infrastruktur yang masif, konversi mata uang, serta layanan cepat dan inovatif, tak heran jika PayPal menawarkan Link Pembayaran.

PayPal merilis PayPal.Me yang bisa digunakan oleh bisnis maupun individu. Etika mendaftar layanan PayPal Anda bisa memilih apakah akan membuat akun bisnis atau personal.

Selain itu, PaPayl.Me tidak mengenakan biaya tambahan apapun. Sekalipun Anda, biaya transaksi masih tergolong standar dan wajar.

Fitur PayPal:

· Memiliki platform yang besar dengan berbagai fitur.

· Bisa memproses transaksi PayPal dengan konversi mata uang asing.

· Ideal untuk pelaku UKM, freelancer, atau pedagang yang volume bisnisnya kecil.

· Integrasi yang mudah dan luas.

Dengan berbagai fitur yang menarik bagi pelaku UKM, sayangnya PayPal memiliki biaya yang relatif lebih tinggi dari pesaing.

Nama Bank BCA sudah tak perlu ditanyakan lagi popularitasnya di Indonesia. Bagi para pebisnis, Bank BCA menawarkan fitur pembayaran yang mudah melalui Payment Link BCA.

Dengan membagikan tautan atau link media yang dikirimkan via email dan Whatsapp, pedagang tak perlu repot membuat aplikasi atau website laman pembayaran.

Selain praktis dan mudah dalam sekali klik, pengguna Payment Link BCA akan memperoleh redeem reward BCA sampai 100% bagi pemakai kartu kredit BCA.

Hanya saja, untuk membuat Payment Link BCA, para pebisnis harus datang langsung ke kantor cabang Bank BCA atau menghubungi nomor 1500788. Selain itu, terdapat biaya MDR yang besarannya 0,15% hingga 1%.

3. OY Indonesia

Selanjutnya, jenis Link Pembayaran di Indonesia yang bisa dipakai oleh pebisnis adalah OY Indonesia.

Hanya cukup satu link, Anda bisa menerima pembayaran bisnis dengan berbagai opsi metode pembayaran seperti e-Wallet, QRIS, Virtual account, kartu kredit, dan kartu debit.

Dikutip dari laman resmi OY, saat ini belum tersedia opsi pembayaran lewat gerai ritel seperti Alfamart dan Indomaret.

4. Xendit

Selanjutnya, untuk mengumpulkan, menagih, atau menerima pembayaran secara online, pebisnis bisa mempertimbangkan Xendit.

Dengan menyediakan Link Pembayaran Xendit, siapapun bisa memilih opsi pembayaran yang diinginkan, seperti dompet digital, transfer bank, hingga gerai retail, dan kartu kredit/ debit.

Akan tetapi, sayangnya Xendit belum menyediakan atau tidak support Gopay. Jadi, beberapa pengguna mungkin harus mencari alternatif aplikasi jika ingin membayar dengan saldo Gopay.

5. Mayar

Berikutnya, jenis Link Pembayaran di Indonesia yang sangat direkomendasikan adalah Mayar. Mengapa harus Mayar? Mayar menghadirkan berbagai opsi pembayaran yang lengkap, mulai dari:

· QRIS : ShopeePay, OVO, Gopay, DANA, LinkAja, BCA Mobile

· Transfer Bank (Virtual Account) : ATM Bersama, Prima Link, ALTO

· e-Wallet : OVO, LinkAja, Jenius, ShopeePay

· Minimarket: Alfamart, Indomaret

Cukup membuat satu tautan, pelanggan bisa membayar dengan cepat dan tanpa ribet.

Sebagai contoh, jika Anda sedang menggalang dana untuk yayasan sosial atau bahkan modal usaha ke masyarakat luas, Anda cukup membagikan Link Pembayaran ini melalui media sosial, seperti: TikTok, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Anda juga bisa membagikan Link Pembayaran ke Whatsapp dan email untuk memperoleh lebih banyak donasi.

Bukan hanya untuk penggalangan dana, para pebisnis atau pelaku UKM juga bisa memanfaatkan Link Pembayaran untuk menagih atau menerima uang dari mitra bisnis maupun pelanggan.

Bagaimana mulai tertarik membuat Link Pembayaran untuk bisnis Anda? Jika iya, Anda mungkin ingin tahu lebih dalam bagaimana langkah atau cara membuat Link Pembayaran dan membagikan ke Whatsapp.

Meskipun proses setiap penyedia aplikasi Link Pembayaran berbeda-beda, tetapi secara umum langkahnya sama. Berikut di antaranya:

1. Menyiapkan Landing Page

Anda bisa membuat landing page sendiri atau memakai template default yang disediakan. Landing page adalah laman di mana Anda akan memasang Link Pembayaran atau tombol embed checkout yang bertuliskan “Beli”, “Bayar Sekarang”, atau “Daftar Sekarang”.

Terlepas dari itu, jika Anda menggunakan Mayar, maka pembuatan landing page sudah dibuat otomatis oleh Mayar. Anda tinggal memasang logo atau menyesuaikan saja sesuai preferensi.

Selanjutnya, di laman Dashboard Mayar, Anda cukup klik tombol “Buat” untuk menyelesaikan pembuatan Link Pembayaran di Mayar.

Anda akan diminta melengkapi formulir dengan isian seperti nama produk, harga produk, dan deskripsi produk. Kemudian, konfirmasi dengan menekan tombol Buat Link Pembayaran.

3. Kirim Tautan

Sebenarnya, terdapat beberapa cara untuk mendapatkan Link Pembayaran ke pelanggan. Umumnya, cara yang dilakukan hanya perlu menyalin dan menempelkan (copy-paste) tautan tersebut, lalu bagikan ke Whatsapp, email, SMS, atau media sosial.

Namun, jika Anda ingin mengirimkan ke banyak pelanggan, cukup gunakan pengiriman massal seperti Whatsapp blast, email blast, atau SMS blast.

Jadi, Anda bisa mengirimkan Link Pembayaran ke sejumlah pelanggan sekaligus dalam waktu bersamaan.

Setelah membahas cara kerja Link Pembayaran dan apa saja jenis Link Pembayaran di Indonesia, mari kita simak beberapa keuntungan utama menggunakannya.

· Anda bisa menempatkan Link Pembayaran dimana saja, sehingga lebih serbaguna. Contohnya, ditampilkan pada website, blog, kolom deskripsi video Youtube, linktree, dan masih banyak lagi.

· Membuat Link Pembayaran tak perlu pengetahuan teknis apapun, seperti coding atau pemrograman. Cukup copy-paste saja.

· Ingin menagih pembayaran ke semua pelanggan sekaligus? Silakan bagikan Link Pembayaran via email, Whatsapp, atau SMS.

· Link Pembayaran mengarahkan pelanggan ke payment gateway, sehingga transaksi lebih aman dan terenkripsi.

· Sistem penagihan mudah dan cepat, tak perlu repot mengetik surat, mencetak, atau mengirimkan dengan amplop ke kantor pos. Sistem Link Pembayaran bisa langsung dikirim via email, Whatsapp, atau medsos.

· Tagihan kemungkinan besar juga akan dibaca. Hal ini terbukti dengan sebuah studi yang menyebutkan bahwa pesan teks SMS atau Whatsapp 98% dibaca oleh si penerima. Berbeda dengan surat tagihan yang mungkin hanya diabaikan begitu saja.

Bagaimana menurut Anda pembahasan tentang Link Pembayaran Mayar di atas? Berminat untuk mencobanya? Dengan mendaftar akun di Mayar, Anda dapat membuat Link Pembayaran yang dikustomisasi sesuai kebutuhan pelanggan.

Bisa untuk penagihan uang pembayaran sekali bayar, biaya berlangganan bulanan/ mingguan, dan membuat surat tagihan digital yang modern. Cocok untuk pelaku UKM, freelancer, hingga bisnis berkembang atau startup.

Yuk, mempermudah pembayaran di dalam toko offline maupun online dengan Payme Link dari Mayar! Silakan email: [email protected] bila ada pertanyaan lain. Atau, follow, like, dan comment juga di Instagram @mayar_id untuk info bermanfaat seputar bisnis lainnya.