Freelancer Bisa Dapat Klien Lewat Instagram, Ini 5 Triknya!

Freelancer Bisa Dapat Klien Lewat Instagram, Ini 5 Triknya!

Sobat Mayar seorang freelancer atau pekerja lepas? Kalau iya, Anda mungkin sudah tahu bagaimana repotnya memikirkan strategi marketing yang pas.

Terlebih lagi, dalam dunia freelancing, klien adalah sumber pemasukan karena mereka yang akan membayarkan upah atas proyek atau pekerjaan yang dilakukan.

Seringkali, banyak freelancer yang berusaha dan terus berjuang mempromosikan diri agar tampil menonjol di tengah jutaan freelancer lainnya.

Karena plaftorm media sosial sudah sangat populer, para freelancer di seluruh dunia juga bisa memanfaatkan Instagram.

Kenapa sih harus Instagram? Sebenarnya, tidak harus Instagram, Anda bisa memakai media sosial lain seperti Facebook, Whatsapp, Telegram, dll.

Hanya saja, Instagram menjadi salah satu platform yang digunakan hampir 1 miliar orang setiap bulan.

Itulah mengapa, Instagram adalah alat marketing efektif bagi freelancer, influencer, konten kreator, dan para pemburu cuan.

Fakta-fakta Freelancer Promosikan Diri Lewat Media Sosial

Menurut laporan Pendapatan Freelancer Payoneer tahun 2020, sekitar 34% freelancer menggunakan Facebook untuk mempromosikan jasanya, sedangkan sekitar 28% menggunakan LinkedIn.

Data tersebut bertambah 65% sejak tahun 2018, di mana media sosial sudah menjadi alat marketing yang umum digunakan 74% pekerja lepas (freelancer).

Namun, perubahan yang paling signifikan adalah semakin populernya Instagram, di mana saat ini digunakan oleh 21% pekerja lepas. Kalau dibandingkan tahun 2019, data ini naik hampir dua kali lipat dari semula 12%.

Saat mencari klien baru, pertimbangkan untuk memanfaatkan sebanyak mungkin platform. Anda bisa menggunakan beberapa media sosial, namun direkomendasikan Instagram karena bisa membantu Anda berjejaring & terhubung dengan klien di masa depan.

baca juga: Lewatkan Invoice Excel & Word! Ini Alasan Freelancer Harus Pakai Penagihan Online

Strategi Temukan Klien Potensial di Instagram

Jangan sampai Anda melewatkan peluang berharga ini! Yuk, kita bahas strategi penting bagaimana Anda bisa menemukan klien baru lewat Instagram.

1. Personal branding yang jelas

Foto update status Anda sedang makan atau nongkrong di kafe bersama teman, tak cukup menggambarkan siapa diri Anda.

Karena itu, tampilkan profil bisnis Instagram resmi untuk menunjukkan jasa atau brand Anda secara profesional.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu ditampilkan di profil Instagram bisnis:

· Foto profesional.

· Logo brand bisnis Anda.

· Nama pengguna.

· Tautan ke situs web portofolio yang berisi karya-karya Anda.

Selain itu, biografi Anda harus mengomunikasikan dengan jelas bidang spesifik yang Anda garap. Entah itu, jasa penulisan, jasa desain grafis, jasa editing video, fotografi, dll.

Sangat penting membuat link bio yang singkat dan padat karena mungkin klien hanya akna melihat profil Anda dalam beberapa detik, jadi pastikan Anda membuat profil dan penawaran jasa dengan jelas.

2. Tampilkan portofolio di feed Instagram

Setelah sukses membuat akun bisnis, sekarang satnya menunjukkan pada calon klien tentang siapa diri Anda dengan mengubah feed Instagram menjadi portofolio.

Misalnya, kalau Anda seorang desainer grafis, Anda bisa menampilkan desain template, ilustrasi gambar, desain logo, editing foto, dll. Kumpulkan beberapa karya terbaik dari berbagai klien dan mulailah mengunggahnya ke feed Anda.

Ingat, cobalah untuk membagikan konten unik setiap Anda memposting supaya audiens tidak mudah bosan.

Perlu dicatat bahwa sekalipun Instagram lebih fokus pada gambar & foto secara visual, namun teks copywriting keren juga tak boleh diremehkan.

Tambahkan teks yang menarik untuk menceritakan kisah di balik salah satu karya Anda tersebut. Pengen followers Anda tetap ramai? Sertakan juga call-to-action untuk mengajak audiens berkomentar, mention, atau memberikan ide & pendapatnya agar nilai engagement-nya semakin tinggi.

3. Buatlah tagar/ hashtag

Secara umum, media sosial adalah alat yang luar biasa untuk terhubung dengan calon klien potensial.

Instagram menawarkan ruang yang luar biasa untuk menemukan pekerja lepas, pengusaha, dan bisnis lainnya.

Salah satu cara untuk terhubung secara efektif dengan audiens target Anda adalah melalui tagar/ hashtag.

Dengan tagar/ hashtag Anda bisa mudah membagikan penawaran jasa bisnis Anda sekaligus mudah ditemukan calon klien yang sedang mencari jasa Anda melalui tagar.

Selain itu, tagar dapat membantu calon klien melihat postingan Anda tanpa harus mem-follow terlebih dulu.

Instagram memiliki batasan 30 tagar per posting, jadi coba maksimalkan tag dengan memadukan kedua tagar generik seperti #photooftheday, bukan #photo #today.

Pilih tagar yang spesifik bisa menjangkau audiens, contohnya katakanlah Anda seorang penulis konten.

Anda dapat mencari #freelancecontentwriter atau #freelancecopywriter untuk menemukan solopreneur lain seperti Anda.

Jika Anda ingin tetap terlihat oleh perusahaan/ bisnis yang ingin mempekerjakan pekerja lepas sesuai bidang Anda, tambahkan tag yang mencantumkan gelar profesional Anda seperti #webdesigner atau #seospecialist.

4. Jangkau audiens di waktu yang tepat

Manajemen waktu bagi freelancer adalah segalanya. Jika ingin membangun kredibilitas dan meningkatkan jumlah follower, penting untuk memposting di Instagram secara teratur, tetapi pada waktu-waktu yang relevan.

Kuncinya adalah supaya menangkap klien potensial di jam-jam istirahat atau waktu layar mereka, di mana mereka sedang bersantai untuk menelusuri fee Instagram.

Pertama, tentukan sendiri rencana konten dan tentukan jumlah posting yang ingin dipublikasikan, baik setiap hari atau setiap minggu, lalu buat kalender penjadwalan konten agar lebih konsisten.

Begitu Anda mulai memposting satu hingga tiga kali sehari, usahakan untuk terus mempertahankan ritme postingan sesuai jadwal. Bila perlu, Anda bisa menggunakan aplikasi pengelola media sosial supaya otomatis.

5. Jangan malu menghubungi calon klien

Selanjutnya, ketika profil Anda sudah aktif dan mulai dijalankan, jangan malu untuk menghubungi calon klien secara proaktif.

Ada lebih dari 1 miliar orang di Instagram, jadi cobalah mencari perusahaan atau bisnis di LinkedIn yang ingin Anda jalin kerja sama. Temukan seseorang yang relevan untuk membuat keputusan perekrutan, misalnya team marketing, team HRD, manajer, dll.

Setelah itu, follow akun Instagram resmi mereka dan mulai berinteraksi secara aktif. Entah itu, menyukai postingan mereka, berkomentar, mengajukan pertanyaan, atau menanggapi story mereka.

Semakin sering Anda berinteraksi dengan calon klien, semakin mudah membangun hubungan profesional.

Peluang mendapatkan proyek baru di masa depan juga lebih besar karena Anda dan calon klien telah menjalin pertemanan di media sosial.

Ada baiknya juga untuk memeriksa tagar mana yang digunakan klien potensial Anda. Dengan menggunakan tag yang sama, profil Anda akan lebih terlihat oleh klien.

Baca juga: Wahai Freelance Designer, Pakai Cara Ini Jika Ingin Dibayar Lebih Cepat

Dari Instagram Dapat Klien Beragam, Mayar Adalah Solusi Freelancing Kekinian

Di era digitalisasi, freelancing adalah gaya hidup yang lumrah bagi kaum digital savvy di seluruh dunia.

Memanfaatkan alat marketing efektif, seperti Instagram benar-benar bisa membantu tetap unggul dan jadi yang terdepan dalam persaingan pekerja lepas.

Ya, meskipun butuh waktu namun membangun bisnis freelance di Instagram dapat meningkatkan jumlah followers dan mengembangkan bisnis. Tentunya, jika dilakukan dengan trik & strategi yang tepat seperti saran-saran di atas, ya.

Sebagai platform all-in-one, Mayar sangat mendukung kinerja konten kreator, edukator, enterpreneur, dan siapapun yang ingin memulai langkah berbisnis di dunia digital.

Menarik klien dari Instagram, kemudian arahkan menuju bio link untuk melanjutkan diskusi via Whatsapp, email, telegram, dll, yang pada akhirnya membuahkan pembayaran jasa Anda.

Baca juga: 7 Daftar Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari

Cara Cerdas & Mudah Terima Pembayaran Freelance Melalui Mayar

Nah, bicara soal pembayaran jasa freelancer, sudah tahu kan, Mayar bisa menjadi solusi ideal para freelancer?

Banyak freelancer yang seringkali mengeluh penundaan pembayaran karena klien sibuk sehingga lupa melunasi tagihan jasa freelancing.

Jangan khawatir, Mayar punya solusinya! Fitur smart invoicing Mayar akan mempermudah tugas penagihan secara otomatis tanpa ribet.

Cukup buat faktur tagihan online dengan melengkapi formulir yang tersedia, kemudian kirimkan via email atau whatsapp dalam sekali klik. Klien akan mendapatkan kiriman notifikasi pengingat sesuai jatuh temponya.

Begitu klien Anda mengklik tautannya, mereka akan diarahkan menuju laman pembayaran dengan berbagai metode opsi bayar, seperti: transfer bank, dompet digital, kartu kredit/ debit, paylater, dll.

Sebagai freelancer atau pekerja lepas, penghasilan atau upah yang bisa dibayar lebih cepat akan sangat membantu finansial Anda. Makanya, jangan tunda lagi, yuk daftar akun Mayar sekarang dan nikmati pengalaman freelancing yang bebas ribet.

Jangan lupa, follow-like-comment akun Instagram @mayar_id untuk update informasi menarik lainnya, ya!