Mayar Sebagai Rekomendasi Learning Management System Indonesia, Ini Kelebihannya

Mayar Sebagai Rekomendasi Learning Management System Indonesia, Ini Kelebihannya

Informasi tentang learning management system Indonesia semakin banyak dicari, terutamanya para pebisnis edukasi.

Menurut laporan LinkedIn Learning pada 2022 terungkap bahwa sekitar 72% perusahaan sangat memperhatikan fungsi Learning & Development.

Seiring perkembangan teknologi, kemungkinan besar akan ada banyak transformasi di berbagai industri masa depan.

Tak terkecuali, perubahan struktur, fungsi, hingga dari sisi teknis pekerjaan tertentu.

Itulah sebabnya, karyawan juga perlu senantiasa upgrade keahlian dan keterampilan yang selaras di era digital.

Mayar hadir sebagai penyedia learning management system Indonesia siap membantu pebisnis edukasi dengan berbagai fitur canggih.

Platform Mayar tak hanya membantu mengelola bisnis edukasi, melainkan bisa mendukung marketing bisnis (pemasaran) dan analisis data pelanggan.

Tetapi mengapa perusahaan ingin meningkatkan keterampilan karyawannya?

Upskill dan learning sangat penting bagi pertumbuhan perusahaan. Lebih dari sekadar membangun reputasi brand, upskill juga berguna untuk karyawan yang sedang mengincar jabatan tertentu.

Pada tahun 2030 berdasarkan laporan Oxford Economics diperkirakan otomatisasi (robot) akan menggantikan 8.5% pekerjaan industri secara global. Parahnya lagi, diprediksi ada sekitar 14 juta pekerjaan di China yang hilang tergantikan robot.

Memang bisa saja banyak pekerjaan baru bermunculan, namun tetap saja membutuhkan keterampilan dan pelatihan khusus. Oleh sebab itu, e-learning adalah solusi paling logis yang membantu karyawan atau siapapun meningkatkan keahlian kapan saja dan dimana saja.

Terlebih lagi, 79% CEO agak skeptis dan khawatir tentang kesenjangan keterampilan di tempat kerja. Jadi, untuk menyiapkan tenaga kerja masa depan, perusahaan global membutuhkan solusi terarah dan terukur.

Baca juga : Digital Learning, Pendidikan Masa Kini dan Masa Depan

Contoh-contoh Perusahaan Global Lakukan Upskilling & Pelatihan Karyawan

Pelatihan dan upgrade keahlian karyawan bukanlah isapan jempol, bahkan perusahaan ternama skala dunia juga mengadopsi program tersebut. Berikut di antaranya:

1. Microsoft

Pada Juni 2020, Microsoft mengumumkan peluncuran program peningkatan keterampilan berskala global. Tujuannya adalah menambah keahlian digital bagi 25 juta orang di seluruh dunia.

Microsoft bekerja sama dengan mitra lain seperti LinkedIn dan GitHub berupaya mengidentifikasi pekerjaan dan keahlian yang dibutuhkan. Program tersebut juga memberikan akses gratis bagi peserta untuk mengikuti sertifikasi, pelatihan, atau pembelajaran.

Microsoft menciptakan peningkatan keterampilan berbasis teknologi, yang berfokus pada pekerja digital di masa depan.

2. Amazon

Amazon mengakui potensi perubahan tenaga kerja di masa depan. Pada bulan Oktober, perusahaan mengumumkan akan mendedikasikan $700 juta untuk menyediakan 100.000 karyawan akses ke program pelatihan dan upskilling.

Selama enam tahun, Amazon membantu kira-kira sepertiga dari tenaga kerja mendapatkan keterampilan teknis yang diperlukan agar memenuhi syarat untuk pekerjaan yang dibutuhkan.

Amazon yakin mereka memiliki peran penting dalam menyediakan akses ke pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk mengembangkan karier karyawan.

3. Salesforce

Salesforce memberikan 500.000 orang Amerika keterampilan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan kredensial Salesforce. Tak haya itu, perusahaan juga menyediakan lapangan kerja di ekosistem Salesforce selama 5 tahun.

Berkat program tersebut Salesforce menghasilkan sekitar 3,3 juta pekerjaan baru, baik secara internal maupun melalui ekosistem mitra dan pelanggannya.

Siapa yang Membutuhkan Bisnis e-Learning?

Meluncurkan bisnis e-Learning bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan sekaligus menantang. Karena itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dulu jenis e-learning yang paling sesuai keahlian Anda.

Berikut di antaranya:

1. Kursus Online

Ada banyak materi yang bisa diajarkan kepada peserta online. Mulai dari bidang IT, pendidikan, marketing, kecantikan, dan sebagainya. Mengemas keahlian spesifik ke dalam kursus online juga membutuhkan keahlian agar bisa tetap memikat peserta.

2. Guru online

Sebagian besar orang tua yang bekerja kemungkinan butuh guru atau tutor bimbingan belajar anak-anaknya. Jika Anda seorang guru yang siap membimbing kegiatan belajar jarak jauh, inilah peluang Anda.

Yang dibutuhkan adalah keahlian komunikasi yang baik, komputer dan internet stabil, serta penguasaan materi. Sebagai tutor, Anda juga dapat menjalankan bisnis e-Learning berdasarkan usia atau tingkat kelas siswa.

3. BootCamp

Industri eLearning menghadirkan peluang bagi perencana BootCamp untuk membuat program yang tepat.

Apalagi, jika peserta kebanyakan adalah karyawan atau eksekutif perusahaan maka keterampilan berinteraksi harus terus diasah.

Membangun Bisnis e-Learning Bersama Mayar sebagai Learning Management System Indonesia

Di dunia digital saat ini, bisnis e-Learning sudah cukup familiar. Siapapun bisa mengakses pembelajaran atau pelatihan apapun dan kapanpun dengan biaya terjangkau.

Bagi Anda para konten kreator maupun instruktur kelas online, Mayar dapat membantu pengelolaan bisnis e-Learning semudah menggerakkan jari.

Bersiaplah melejitkan omzet bisnis edukasi bersama fitur-fitur modern Mayar sebagai learning management system Indonesia.

Mayar menghadirkan berbagai fitur modern untuk mempermudah tugas pengelolaan kursus online, webinar, coaching, event, BootCamp, serta bisnis online lainnya.

1. Jual dan kelola dalam satu platform Mayar

Mayar memungkinkan pengembang kursus online atau bisnis edukasi menjual serta mengelola bisnisnya di era digital. Cukup dalam satu platform dengan berbagai fitur canggih.

Fitur-fiturnya Mayar e-Learning antara lain:

·        Kelola Peserta/ Siswa

·        Integrasi Zapier hingga 5000+ aplikasi lain

·        Sistem pengingat otomatis

·        Penagihan Bayar

·        Sertifikat Kursus

·        Formulir Pendaftaran

·        Ulasan Kursus

·        Webinar

·        Pengelolaan Tugas Belajar

·        Sistem Grade

·        Modul Pembelajaran

·        Portal Siswa

·        Pencatatan Kehadiran Siswa

·        Penjadwalan

·        Analisis dan Laporan

·        Pembayaran Online

·        Syllabus

2. Kelas Online Dapat Disiarkan Langsung/ Rekaman

Setelah membuat materi pembelajaran, Anda dapat menjual video dengan metode Live maupun Recording. Materi dapat disajikan dalam bentuk teks, video, kuis, PDF, bacaan, hingga sesi konsultasi. Halaman penjualan dibuat oleh Mayar secara otomatis agar Anda bisa lebih fokus pada tugas inti pelatihan.

3.    Kelas Cohort & Bootcamp

Sistem Mayar e-Learning memberikan kemudahan bagi Anda konten kreator atau mentor yang ingin membuat kelas berbasis Cohort maupun BootCamp. Dari A sampai Z program pelatihan dapat diselenggarakan secara online tanpa ribet. Antara lain pendaftaran peserta, absensi, membuat modul/ silabus, sampai penyerahan sertifikat.

Baca juga: Belajar Online Makin Populer, Akankah Jadi Pendidikan di Masa Depan?

FAQ

Bagaimana cara sukses memasarkan kursus online?

Setelah Anda membuat kursus online, tetaplah fokus pada dua atau tiga strategi pemasaran yang efektif. Misalnya memakai email marketing dan media sosial, seperti Instagram atau Facebook.

Bagaimana cara mempromosikan kursus di media sosial?

Media sosial adalah salah satu cara termudah untuk menjangkau dan melibatkan orang-orang yang mungkin benar-benar tertarik dengan program pelatihan/ kursus.

Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke platform kursus melalui Pinterest, Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan lainnya. Banyak platform media sosial menampilkan profil bisnis yang mendukung strategi marketing bisnis Anda.

Apa itu program upskilling?

Program upskilling dirancang untuk membantu karyawan mempelajari atau meningkatkan keterampilan yang ada. Upskilling bertujuan untuk membantu karyawan mengikuti perubahan di tempat kerja dan meningkatkan kinerja atau keahlian.

Apa pentingnya program upskilling?

Ada banyak alasan mengapa program upskilling sangat penting. Di antaranya:

· Program upskilling/ peningkatan keahlian dapat membantu individu mengikuti tren tenaga kerja yang selalu berubah. Seseorang dapat menjaga keterampilan kerja tetap relevan dengan meningkatkan keterampilan dan meningkatkan kepuasan dan stabilitas kerja.

· Program upskilling/ peningkatan keterampilan dapat menguntungkan bisnis dengan meningkatkan produktivitas dan retensi karyawan. Perusahaan dapat mengembangkan lingkungan kerja yang lebih positif dan produktif dengan berinvestasi dalam pengembangan karyawan mereka.

Mengapa karyawan perlu meningkatkan keahlian dengan e-Learning?

Alasan yang paling utama adalah keterbatasan waktu. Banyak perusahaan menuntut agar karyawan tetap kompetitif dengan peningkatan keterampilan, namun mereka harus tetap menjalankan jam kerja normal.

Inilah mengapa, e-Learning menjadi solusi karena bisa bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Selepas pulang bekerja, karyawan dapat menonton video pelatihan yang sudah direkam sebelumnya, serta mengerjakan tugas pembelajaran sesuai jadwal.

Bagaimana Mayar dapat membantu pengelolaan bisnis edukasi?

Sudah jelas bahwa Mayar dapat membantu pengembang atau konten kreator di bidang e-Learning dengan berbagai fiturnya. Setelah mendaftar akun Mayar, Anda dapat memantau pengelolaan peserta kursus, pembayaran, dan sertifikasi di Dashboard Mayar.

Baca juga: Wahai Tutor Kelas Online! Pelajari Keunggulan Mayar Sebagai Alternatif Udemy di Indonesia

Yuk, Mulai Aja Dulu Lejitkan Bisnis Edukasi Bersama Mayar!

Siapapun bisa memulai langkah menjadi pebisnis edukasi sukses bersama Mayar e-Learning. Fitur-fitur yang disediakan komplit untuk mendukung proses pembelajaran secara digital.

Lihat Contoh Landing Page AHA Learning Course dari Mayar

Contoh Landing Page Ardhy Yuliawan untuk Sertifikat e-Learning 32 P

Cukup sekali klik tombol Checkout Mayar, peserta e-Learning dapat melakukan pembayaran non-tunai tanpa ribet. Anda juga bisa memantau alur dan pengelolaan peserta dari dashboard Mayar secara real-time.

Yuk, daftar akun Mayar hari ini paket Starter secara GRATIS. Jangan lupa, subscribe Blog Mayar untuk menjadi orang pertama yang tahu artikel-artikel terbaru kami.

Tambah insight dan wawasan Anda dengan follow-like-comment di akun IG : mayar_id.