Skill Design Jadi Bisnis Omzet Jutaan, Ayo Mulai Jualan Desainmu!

Skill Design Jadi Bisnis Omzet Jutaan, Ayo Mulai Jualan Desainmu!

Siapa nih yang sedari bangku sekolah sudah punya bakat seni rupa? Apakah Anda hobi menggambar, melukis, atau corat-coret gambar ilustrasi? Di era digital, semua keahlian tersebut bisa dijadikan ladang bisnis baru, lho!

Kebanyakan desainer grafis, ilustrator, atau penghobi kreatif mempunyai anugerah bakat seni sejak lahir. Inilah modal utama yang menjadikan desainer & seniman itu unik. Mereka memiliki keahlian dan keterampilan yang jarang dimiliki orang lain pada umumnya.

Biarpun begitu, tetap saja kita perlu selalu mengasah keterampilan dan keahlian apapun agar semakin profesional.

Hari ini kita akan membagikan beberapa tips memulai bisnis dan menghasilkan uang dengan berjualan keterampilan desain atau skill design. Gimana sih caranya? Baca sampai tuntas, yuk!

Cara Menghasilkan Uang dari Jualan Gambar Digital, Ilustrasi, dan Desain Grafis

Sebagian masyarakat awam mungkin bertanya, apakah kita bisa mendapatkan uang dari jualan gambar digital atau desain grafis? Apakah nanti ada yang mau beli produk dan jasa desain?

Jawaban singkatnya, tentu saja. Hari-hari sekarang hampir semua orang selalu membutuhkan gambar, ilustrasi, template, dan produk desain grafis lainnya.

Sayangnya, dibutuhkan skill design khusus untuk menciptakan karya seni digital. Inilah mengapa penting bagi Anda terus mengasah skill design dan mempromosikan lewat platform yang tepat sehingga calon pelanggan mudah menemukan jasa Anda untuk bertransaksi.

Di bawah ini adalah beberapa cara menghasilkan uang dari berjualan skill design:

1. Buat dan jual karya seni

Anda memiliki keahlian dan keterampilan desain spesifik yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Oleh sebab itu, buat dan jual karya seni secara online melalui website yang tersedia, seperti DeviantArt, Minted, atau Mayar.id.

Karya seni bisa berupa desain kaos, seragam kantor, hingga produk umum seperti kartu ucapan, pakaian, alat tulis, dll.

Bila Anda menjual di situs, katakanlah Mayar.id Anda tak perlu repot menangani pemesanan, pengiriman, sampai pembayaran, supaya seniman tetap fokus berkarya. Setelah pelanggan membayar transaksi, uang akan langsung terkirim ke akun Mayar Anda.

2. Jual template atau foto

Pernahkah Anda membuat template desain surat maupun template website? Kalau begitu, Anda bisa menjual ilustrasi atau template desain Anda di situs penyedia stok gambar, contohnya: Adobe Stock, Freepik, Creative Market, dll.

Kendati terkesan sepele, namun sudah banyak seniman digital yang membuktikan betapa gurihnya cuan yang dihasilkan. Anda hanya perlu membuat satu template desain atau foto, mengunggah ke situs penyedia stok, lalu jual berkali-kali. Pundi-pundi dolar akan mengalir ke rekening Anda karena sangat dicari oleh pekerja di industri kreatif.

Proses ini akan terus berulang tanpa Anda harus ribet. Uang akan mengalir meskipun Anda sedang tidur. Semakin banyak desain yang diunggah, semakin besar peluang mendapatkan penghasilan pasif.

3. Mengajar Online

Biasanya, desainer grafis mahir dan menguasai sedikitnya satu aplikasi desain. Apakah Anda mahir Adobe Photoshop? Mungkin Anda juga mempunyai gaya unik yang bisa diajarkan kepada orang lain?

Kalau iya, Anda cocok menjadi pengajar atau tutor desain grafis. Profesi ini bisa menjadi pilihan sempurna untuk menghasilkan uang tambahan.

Anda bisa mengajar kursus online, mengajar di universitas, atau bahkan menulis e-book tentang proses kreatif Anda!

Salah satu platform yang ideal untuk mulai membangun bisnis edukasi adalah Mayar.id. Anda dapat berbagi keterampilan sekaligus menjual karya edukasi seperti e-Book, video kursus, modul, dll, melalui Mayar.id.

Jika Anda sukses menjadi pengajar online, target audiens bisnis Anda bisa menjangkau skala global atau siswa di seluruh dunia.

4. Bekerja lepas/ Freelancing

Pekerja lepas di bidang industri kreatif sudah bukan hal baru. Sebagian besar desainer menjual keahliannya secara freelancing atau bekerja lepas.

Contohnya, menawarkan jasa desain ke perusahaan, individu, mahasiswa, dan sebagainya.

Meskipun jam kerja fleksibel dan banyak diminati, akan tetapi perlu diingat bahwa bekerja lepas memberikan ketidakpastian finansial.

Sama seperti pedagang lainnya, ada kalanya banyak proyek yang datang, namun terkadang juga sepi proyek.

Kuncinya adalah konsisten memperluas networking, promosikan jasa desain di medsos, perbanyak profil online, serta mungkin berkolaborasi dengan sesama freelancer.

Tahukah Anda, Mayar sangat mendukung pekerja kreatif, termasuk freelancer? Dengan fitur Smart Invoicing, penagihan komisi atau upah pembayaran jasa freelancing akan semakin praktis.

Setelah daftar akun Mayar, Anda bisa membuat Invoice untuk menagih pembayaran sesuai jatuh tempo yang disepakati bersama klien. Mudah dan cepat, kan!

Baca juga: Semenit Bikin Landing Page yang Mobile-Friendly dengan Desain Template

Tips Mengasah Skill Design Agar Makin Pro

Desainer biasanya direkrut berdasarkan keahlian desain tertentu. Maka itu, sangat penting untuk mengembangkan keterampilan desain serta mengetahui tren terbaru di bidang seni desain.

Mari simak beberapa tips agar skill design makin terasah:

1. Evaluasi keterampilan saat ini

Sebelum meningkatkan skill yang sudah dimiliki saat ini, ada baiknya terlebih dulu mengetahui secara rinci keterampilan Anda.

Tuliskan bidang desain grafis yang paling dikuasai, buatlah daftar berdasarkan pengalaman. Misalnya, Anda merasa saat ini sudah mampu membuat font keren, tapi Anda ingin terus melatih skill agar menuju level pro.

2. Buatlah daftar keterampilan yang ingin di-upgrade

Berikutnya, akan sangat membantu jika Anda membuat daftar skill design yang ingin diasah. Pertimbangkan skill design yang mungkin belum sempat dipelajari.

Katakanlah, mempelajari software atau aplikasi desainer, membuat sketsa gambar, karikatur, dll.

3. Bereksperimen

Terkadang latihan berarti menyisihkan waktu dan bereksperimen. Sisihkan waktu setiap minggu untuk meningkatkan keterampilan desain Anda.

Pastikan waktu ini bukan perpanjangan dari hari kerja Anda atau proyek yang sedang Anda kerjakan.

Kebebasan untuk mengerjakan apa yang Anda inginkan akan membantu Anda mengembangkan kreativitas dan meningkatkan keterampilan desain.

4. Berani coba hal barus

Gunakan waktu untuk mencoba hal baru. Misalnya, membuat font baru, mengunduh software baru, atau menggambar langsung di kertas.

Dengan menyisihkan waktu setiap minggu, Anda menjadikannya prioritas untuk meningkatkan keterampilan Anda. Inilah kebiasaan penting untuk perkembangan skill design Anda.

Baca juga: Yuk, Jualan Produk Digital Download Agar Dapat Passive Income

Tips Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan desain grafis:

Mengikuti kompetisi. Persaingan mendorong Anda untuk mengembangkan keterampilan. Ikuti kompetisi lokal atau nasional untuk mengidentifikasi sejauh mana skill Anda ketika mengerjakan desain yang diminta.

Membaca buku. Membaca buku yang ditulis oleh desainer grafis lain dapat membantu mempelajari teori dan teknik baru. Hal ini sangat membantu Anda mendapatkan perspektif baru tentang desain grafis.

Mendaftar kelas online. Apakah Anda baru mengenal desain grafis, atau Anda telah bekerja di industri ini selama bertahun-tahun, kelas online akan bermanfaat untuk melatih keterampilan Anda.

Berteman dengan desainer lain. Circle pertemanan di kalangan desainer grafis adalah cara yang baik untuk mempelajari lebih banyak teknik dan melatih keterampilan. Anda juga dapat berkolaborasi dengan para desainer ini dalam sebuah proyek. Anda juga bisa meminta kritikan, pendapat, atau saran tentang proyek desain agar hasilnya makin optimal.

Jual Karya Seni & Desain Digitalmu Lewat Mayar Aja!

Anda punya skill design, tapi bingung bagaimana cara menjual dan mempromosikannya? Tenang aja, sekarang melalui Mayar, menjual karya seni secara digital menjadi lebih praktis dalam hitungan detik.

Entah itu, karya seni digital berupa font, template website, foto, logo, desain kaos, desain kartu ucapan, dll, semuanya bisa dijual dan meraih pundi-pundi jutaan rupiah.

Anda cukup membuat satu desain, dan bisa langsung dijual tanpa harus ribet membuat desain yang sama satu per satu bagi setiap pembeli.

Demikian pula, bagi pembeli yang berminat dengan hasil karya Anda cukup klik tombol 1-Click Checkout Mayar, transaksi bisa dilakukan secara aman.

Baca juga: Wahai Freelance Designer, Pakai Cara Ini Jika Ingin Dibayar Lebih Cepat

Menjual Produk & Jasa Didukung Transaksi Pembayaran Dalam Satu Platform Mayar

Berkaitan hal itu, Mayar ingin membuat inovasi dalam penerimaan pembayaran bagi seniman atau konten kreator dengan fitur-fitur canggih. Anda bisa mengelola daftar pelanggan, menjual produk & jasa, serta menangani transaksi pembayaran cukup dalam satu platform.

Menjual layanan maupun jasa di era digital semakin praktis bersama Mayar. Mulai dari manajemen order, pembuatan landing page otomatis, checkout, dan financial tools, komplit tersedia melengkapi tata kelola bisnis Anda berbasis industry-agnostic.

Yuk, daftar akun Mayar sekarang supaya Anda bisa langsung jualan online dalam semenit!