4 Cara Optimalkan Pembayaran Online Bisnis Kuliner, Modern & Canggih

4 Cara Optimalkan Pembayaran Online Bisnis Kuliner, Modern & Canggih

Apakah Anda sedang buka usaha kuliner? Atau, mungkin berencana merintis bisnis makanan, kue, minuman, atau katering? Di artikel kali ini kita akan belajar cara optimalkan pembayaran online bisnis kuliner.

Bisnis kuliner adalah salah satu usaha yang tak pernah mati dari zaman ke zaman. Semakin kreatif dan inovatif usaha kuliner Anda, maka pengunjung juga tak akan pernah bosan berkunjung dan membeli.

Meskipun Anda bisa mengandalkan pembayaran tunai dari pelanggan di restoran atau lokasi Anda berjualan, tapi sekarang saatnya menyediakan pembayaran online pula.

Mengapa? Ingatlah pada saat pandemi 2020 silam, di mana semua orang dibatasi aktivitas bepergian. Layanan pesan online dari berbagai usaha kuliner menjadi juara dan sukses bertahan!

Selain itu, pola pembelian konsumen berubah signikan akibat pandemi. Belanja online telah menjadi kebiasaan dan gaya hidup yang dianut sebagian besar masyarakat.

Terbukti dalam sebuah data yang dikutip dari laman CNBC Indonesia, sekitar 50 persen generasi Z memilih pesan makanan secara online. Data ini tak boleh dilewatkan begitu saja oleh pebisnis kuliner, mengingat sekitar 27 persen dari total penduduk Indonesia adalah generasi Z.

Oleh karenanya, ada beberapa cara optimalkan pembayaran online bagi bisnis makanan-minuman yang bisa diikuti. Simak di bawah ini!

Cara Optimalkan Pembayaran Online Bisnis Kuliner

Siapapun pasti tak menolak jika diajak berkuliner ria. Maka itu, jika ingin usaha kuliner Anda semakin berkembang dan mempermudah pelanggan ketika membayar, simak cara-cara berikut:

1. Terima kartu debit/kredit online

Metode pembayaran kartu debit atau kartu debit adalah cara paling dasar agar pelanggan membayar secara online.

Sebagai contoh kartu kredit atau kartu debit yang dipakai secara luas di seluruh dunia adalah MasterCard dan Visa.

Dengan mengizinkan pelanggan memakai kartu debit atau kredit, pembayaran akan semakin lancar dan bebas stres.

2. Aplikasi pembayaran seluler

Dilansir dari laman Data Indonesia, ada sekitar 193 juta orang yang memiliki smartphone atau ponsel pintar di tanah air.

Selain itu, dari survey diketahui 9 dari 10 orang responden memilih dompet digital ketimbang mobile banking. Kenapa begitu? Kaum muda mungkin masih belum memiliki rekening bank pribadi karena batasan usia harus 17 tahun.

Di sisi lain. smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, karena kegunaan dan fungsinya yang sangat membantu aktivitas.

Oleh sebab itu, sekarang saatnya meningkatkan omzet bisnis kuliner dengan aplikasi pembayaran seluler.

Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan e-Wallet yang kredibel, seperti ShopeePay, OVO, Jenius, LinkAja, Gopay, dll. Kalau memakai perusahaan finansial terpercaya, pelanggan akan merasa lebih yakin dan nyaman.

3. Recurring billing

Metode recurring billing atau recurring payment adalah metode pembayaran berulang atau terjadwal secara berkala.

Sebagai contoh: pusat kebugaran, kursus bahasa Inggris, les bimbingan belajar, dll, menyediakan layanan pembayaran setiap bulan kepada pelanggan.

Di bidang kuliner, metode ini sangat cocok untuk bisnis katering kantor atau katering perusahaan. Setiap bulan tagihan akan dikirimkan secara otomatis sehingga bisnis kuliner Anda akan dibayar tepat waktu.

Pelanggan masa kini, katakanlah generasi Z dan generasi Y senang melakukan pembayaran secara online lewat smartphone. Salah satunya memakai Link Payment maupun kode QRIS.

Pelanggan cukup mengklik tautan atau Link Pembayaran untuk menyelesaikan pelunasan tagihan. Mereka juga bisa menggunakan smartphone untuk scan kode QRIS yang tersedia.

Tak hanya itu, dengan kode QRIS atau Link Payment Anda bisa mengirimkan tagihan digital tersebut langsung via Whatsapp atau email. Dengan begitu transaksi akan lebih cepat dan lancar, kan!

Baca Juga: Cara Membuat Sistem Bayar Online Bisnis, UKM Makin Untung!

Manfaat Mayar Sebagai Platform Pembayaran Online Untuk Bisnis Makanan/ Kuliner

Dengan menggunakan Mayar sebagai platform pembayaran online yang bisa terintegrasi lebih dari 5.000+ aplikasi, siap-siap untuk melejitkan omzet usaha Anda!

Penting memilih platform yang tepat agar pembayaran online lebih mulus tanpa kendala. Adapun manfaat memakai Mayar sebagai platform pembayaran online untuk UKM, antara lain:

· Mengurangi penipuan. Sistem secara otomatis akan menahan kartu kredit atau memeriksa kartu kredit yang mencurigakan, sehingga transaksi lebih aman.

· Pembayaran fleksibel. Pelanggan bisa membayar dengan metode yang diinginkan. Entah itu, dompet digital, transfer bank, kartu kredit/ kartu debit, dll.

· Pengingat otomatis. Platform akan mengirimkan pengingat secara otomatis, sehingga pelanggan akan membayar tepat waktu. Tidak perlu mengejar atau menagih pelanggan, bahkan mendatangi rumahnya.

· Pembayaran aman. Metode autentikasi dua faktor (2FA) akan menjaga keamanan kartu kredit dan informasi pribadi pelanggan.

· Kode penawaran dan kupon. Kirimkan kode promo dan kupon dengan mudah ke pelanggan menggunakan fitur Mayar.

· Pembayaran mulus. Halaman pembayaran e-Commerce dengan UX yang optimal akan meningkatkan penjualan.

Cara Optimalkan Penagihan Bisnis Katering dengan Pembayaran Online

Terkadang, beberapa jenis bisnis menyediakan pembayaran fleksibel bertahap atau cicilan. Contohnya katering perusahaan atau katering pernikahan.

Cara modern untuk menagih pelanggan secara efektif adalah menggunakan Invoice digital atau Payme Link Mayar.

Di Mayar, Anda bisa membuat smart invoice yang secara otomatis terkirim ke email pelanggan. Karena berbentuk tautan, maka invoice Mayar bisa dibagikan ke pelanggan dalam hitungan detik.

Hal ini sangat menyederhanakan tugas tim akuntansi atau tim admin yang menangani penagihan.

Sebagai contoh, katakanlah UKM katering Jaya Makmur ingin menagih sisa pembayaran kepada keluarga pengantin. Maka cukup membuat invoice digital di dashboard Mayar, dan kirimkan tautan ke Whatsapp panitia pernikahan pengantin. Tak perlu mencetak, mengetik, atau mengirimkan surat tagihan lewat jasa kurir yang menyita waktu dan tenaga.

Baca Juga: Bill Payment Mayar, Kelola Pengeluaran Bisnis Makin Praktis

Keunggulan Invoice Digital Mayar untuk Bisnis Katering Makanan

Bisnis katering makanan merupakan salah satu usaha menjanjikan, terutama ketika bulan Ramadhan. Banyak permintaan untuk mengadakan jamuan membuat bisnis katering terkadang kewalahan menerima pesanan.

Itulah mengapa, seiring pertumbuhan bisnis katering Anda juga perlu menyediakan sistem pembayaran online yang lebih modern dan canggih.

Mayar adalah platform finansial yang membantu digitalisasi UKM dan bisnis. Dengan Mayar, Anda bisa mengirimkan tagihan digital secara online sekali klik. Bayarnya juga non tunai dalam berbagai opsi, seperti transfer bank, dompet digital, kode QR, dan lainnya.

Berikut adalah manfaat dan keunggulan Mayar untuk bisnis katering:

· Penagihan otomatis

Hindari piutang tak tertagih atau lupa tidak terbayarkan dengan invoice Mayar. Anda tidak perlu mengambil risiko kehilangan piutang tak terbayar karena lupa atau data pelanggan tidak tercatat.

Invoice Mayar akan terkirim otomatis sesuai pengaturan yang diinginkan. Apakah diatur tiap tanggal tertentu, tiap bulan, tiap minggu, dan kustomisasi pilihan Anda lainnya. Invoice Mayar mengurangi risiko piutang tak tertagih.

· Template otomatis

Invoice Mayar secara otomatis menghasilkan atau membuat faktur yang terlihat profesional dan dikirimk ke pelanggan atas nama bisnis Anda.

Setelah faktur tagihan digital terkirim, Mayar secara otomatis mengirimkan pengingat atau notifikasi.

Pun begitu ketika pelanggan sudah melunasi, notifikasi dan bukti pembayaran akan terkirim otomatis. Anda tak perlu memeriksa dan membuat bukti pembayaran satu per satu secara manual.

Di dashboard Mayar Anda juga bisa melihat transaksi yang dilakukan. Misalnya, Anda akan melihat pelanggan yang sudah membayar dan siapa yang belum melunasi tagihan.

· Pembuatan kode QRIS Mayar

Mayar juga mempermudah proses pembayaran cukup scan atau pindai dengan kamera ponsel pintar pelanggan. Caranya gampang, silakan tonton video tutorial Youtube Terima Pembayaran Mayar QRIS berikut.

Keunggulan QRIS Mayar, di antaranya:

· Bisa dipakai untuk pembayaran berbagai dompet digital, seperti: LinkAja, Dana, OVO, Gopay, ShopeePay, dll.

· Tidak perlu membangun sistem baru apapun. Cukup tempelkan kode QRIS Mayar di meja kasir agar pelanggan bisa mudah memindai (scan) dengan kamera ponsel.

· Proses pembayaran QRIS cepat dan praktis, secara otomatis pembayaran dilakukan sekali klik pada aplikasi.

· Kode QRIS Mayar dapat dikustomisasi atau diubah sesuai kebutuhan bisnis Anda. Simak tutorial Youtube Kustomisasi QRIS Mayar di video ini.

Kolaborasi Bareng Mayar sebagai Mitra Usaha Kuliner Agar Makin Berkembang

Mengikuti perkembangan bisnis kuliner menuntut perhatian lebih gesit beradaptasi, khususnya di era digital. Pelanggan Anda dalam beberapa waktu ke depan adalah generasi Y dan Z yang sangat aktif dalam teknologi.

Oleh sebab itu, jika Anda tak memiliki mitra pembayaran online yang berpengalaman dengan teknologi, bisnis Anda akan terhambat.

Disinilah Mayar sangat mendukung pelaku UKM dalam menangani pengelolaan keuangan. Mayar menyediakan fitur-fitur modern, seperti penagihan otomatis, pembayaran online dengan berbagai metode, serta headless commerce berbasis API.

Semakin mudah mengembangkan bisnis Anda, karena Mayar dapat diintegrasikan dengan 5.000+ aplikasi via Pipedream dan Zapier.

Yuk, kolaborasi bersama Mayar untuk menyediakan pembayaran online bisnis kuliner Anda! Tarif bersahabat untuk kalangan pelaku UKM, freelancer, start-up, hingga bisnis menengah dan enterprises. Silakan daftar akun Mayar Paket Starter di tautan ini secara gratis tanpa biaya apapun. Anda juga bisa menghubungi [email protected] jika ada pertanyaan lainnya.

Jangan lupa, ikuti juga Instagram @mayar_id, kemudian like dan comment jika menurut Anda infonya bermanfaat. Terima kasih.