AI Bantu Konten Bisnis Jangkau Generasi Zilenial, Cepat Viral!

AI Bantu Konten Bisnis Jangkau Generasi Zilenial, Cepat Viral!

Sebagai pebisnis sekaligus konten kreator, pernahkah Anda sempat kesulitan menemukan cara efektif berkomunikasi dengan audiens? Kemungkinan besar, pasti sempat, ya!

Di zaman sekarang, Generasi Zilenial adalah salah satu audiens yang tak boleh diabaikan. Lahir antara tahun 1997 hingga 2012, Gen Z memiliki peran penting dalam marketing bisnis.

Pasalnya, Gen Z adalah Digital Natives yang sangat akrab dengan media sosial dan tumbuh di tengah teknologi digital.

Siapapun pebisnis online, tak boleh mengacuhkan Gen Z karena mereka sangat giat mengakses informasi situs web, konten online, dan platform digital lainnya.

Dalam dunia yang didominasi oleh teknologi, kata-kata saja tidak lagi cukup untuk menarik perhatian mereka.

Namun, jangan khawatir! Ada solusi yang menarik dari kecerdasan buatan (AI). Mari kita jelajahi bagaimana AI dapat membantu bisnis dan konten kreator dalam menjangkau Generasi Zilenial.

Membuat konten keren dan interaktif dengan AI

Sebenarnya, tak cuma Gen Z, siapapun mendambakan konten menarik, interatkif, dan relevan dengan minat mereka.

Disinilah kecerdasan buatan bisa diandalkan untuk menghasilkan konten keren dan memikat perhatian generasi muda.

Misalnya, AI dapat membantu dalam pembuatan video animasi yang menarik, filter dan efek menarik untuk foto dan gambar, serta pengalaman konten yang disesuaikan dengan preferensi individu.

Melalui pemanfaatan AI, konten bisnis dapat bertransformasi menjadi pengalaman yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak muda.

Mengikuti tren dan bahasa yang digunakan

Generasi Zilenial memiliki bahasa mereka sendiri. Mereka mengikuti tren dan istilah unik dalam komunikasi mereka sehari-hari.

Anda tentu pernah melihat beberapa tren challenge atau tantangan yang viral di media sosial, kan? AI bisa memberikan kontribusi berharga bagi tim marketing bisnis Anda.

Berbekal analisis canggih, AI mampu memahami tren dan bahasa yang dipakai Gen Z. Alhasil, konten kreator dapat menciptakan pesan yang lebih relevan dan autentik.

Di samping itu, AI dapat membantu mengidentifikasi kata kunci dan frasa yang paling diminati oleh Generasi Zilenial, sehingga memungkinkan konten bisnis lebih terhubung dengan audiens yang diinginkan.

Baca juga : Bikin Iklan Promosi Gak Pusing dengan MAIA

Jenis-jenis konten yang menarik kalangan muda

Generasi Zilenial yang tumbuh di era digital memiliki minat beragam. Untuk itu, sangat penting bagi bisnis menemukan konten selaras dengan minat dan preferensi mereka.

Beberapa jenis konten menarik yang bisa dipertimbangkan, antara lain:

1. Video kreatif dan viral

Generasi Z sangat tertarik dengan video kreatif dan viral di media sosial. Video pendek seperti tarian Tik-Tok, tantangan unik, atau cuplikan momen menarik dengan efek visual menakjubkan sangat populer di kalangan remaja.

Bisnis dan konten kreator dapat menghasilkan konten video menghibur, menginspirasi, sekaligus memberikan pesan relevan dibantu teknologi AI.

Misalnya, kecerdasan buatan dapat membantu menambahkan efek visual menarik agar konten lebih viral.

2. Game interaktif

Konten berikutnya yang berpotensi memikat perhatian Gen Z adalah game interaktif. Permainan sangat menyenangkan dan menantang untuk dimainkan, terlebih jika permainan interaktif.

Misalnya, bisnis dapat membuat sejenis game edukatif untuk menggabungkan pembelajaran dengan hiburan. Atau, membuat game dengan karakter AI yang bisa berinteraksi langsung.

Ada banyak ide yang bisa dieksplorasi untuk menambah keterlibatan audiens anak muda.

3. Konten edukatif atraktif

Remaja maupun Gen Z biasanya sangat antusias dalam belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru. Konten edukasi seperti kursus online, sebaiknya menggabungkan materi dengan presentasi menarik agar mereka tak mudah bosan.

Hal ini menuntut kreativitas dari konten kreator yang dapat mengandalkan bantuan AI. Kecerdasan buatan dapat membantu misalnya dalam hal pembuatan video kursus online menarik.

Sebagai contoh, Anda dapat membuat video animasi pendek yang menjelaskan konsep pelajaran dengan cara sederhana sehingga mudah dipahami atau membuat aplikasi pembelajaran interaktif.

4. Cerita berbasis animasi

Animasi adalah media yang sangat menarik bagi generasi muda. Apalagi, jika Anda membuat cerita berbasis video animasi keren!

Anak remaja dari kalangan pelajar atau mahasiswa pasti akan sangat terbantu jika konten kreator dapat membuat suatu cerita animasi yang menjelaskan modul pembelajaran dengan menghibur.

Ide materi kursus online interaktif dan seru untuk menggali bakat dan skill Gen Z

Sebagai pebisnis edukasi di bidang kursus online, Anda mungkin ingin menarik perhatian Zilenial. Berikut adalah beberapa materi kursus yang dapat dipertimbangkan:

1.    Keterampilan digital

Setuju kan, kalau Gen Z sangat identik dengan dunia internet? Terlebih mereka memang terlahir di era teknologi digital.

Oleh karena itu, tidak aneh bila mereka jadi sangat tertarik dengan hal-hal berbau digital.

Sampai sekarang, ide kursus yang berkaitan dengan dunia digital sangat diminati kalangan muda. Contohnya seperti kursus tentang pengembangan website, desain grafis, animasi, atau coding.

Materi-materi ini akan membantu kalangan muda memahami dan menguasai teknologi digital yang sangat penting untuk mempersiapkan diri terjun ke industri.

Baca juga : Mayar.id Meluncurkan MAIA, Asisten AI Pertama untuk UMKM

2. Kreativitas dan seni

Generasi Zilenial sering mengekspresikan kreativitas mereka melalui berbagai bentuk seni.

Menyediakan kursus tentang seni lukis, fotografi, desain fashion, atau pembuatan video dapat menarik minat mereka.

Anda dapat menggabungkan teknik tradisional dengan elemen digital untuk menciptakan kursus yang menarik dan menginspirasi.

3. Keterampilan kewirausahaan

Survei oleh Herbalife Nutrition, hampir 72% Zilenial ingin memiliki bisnisnya sendiri. Jadi, bisa disimpulkan bahwa semangat kewirausahaan mereka sangat tinggi.

Materi kursus yang bisa menginspirasi mereka, antara lain skill marketing digital, manajemen proyek, pengembangan personal branding, dll.

4. Pembelajaran bahasa asing

Keterbukaan terhadap budaya global membuat Zilenial tertarik untuk belajar bahasa asing.

Anda dapat menyediakan kursus bahasa Inggris, bahasa Mandarin, atau bahasa lainnya yang populer dan dianggap berharga dalam dunia bisnis.

5. Keterampilan kesehatan dan kesejahteraan

Generasi modern saat ini sangat peduli pada kesehatan dan kebahagiaan. Untuk itu, ide materi kursus yang menarik bagi mereka, seperti kursus tentang olahraga, yoga, meditasi, atau nutrisi/ gizi.

Materi kursus ini akan membantu memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental sejak dini.

6. Pengembangan kemampuan soft skills

Selain keterampilan teknis, Zilenial juga perlu mengembangkan kemampuan soft skills untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Ide kursus yang bisa disediakan adalah kursus mengenai komunikasi efektif, kepemimpinan, kerjasama tim, atau pengelolaan waktu.

Pembelajaran tersebut dapat menjelaskan konsep dasar-dasar untuk kemampuan interpersonal dan kepribadian yang membantu kesuksesan di masa depan.

Materi-materi di atas dapat menjadi titik awal menarik minat kalangan anak muda ke dalam kursus online Anda.

Penting untuk mempertimbangkan minat mereka, menggabungkan elemen kreatif dan interaktif, serta menggunakan teknologi AI agar semakin meningkatkan pengalaman e-Course.

Yuk, optimalkan konten bisnis menjangkau Zilenial dibantu MAIA (Mayar AI Assistant)

Gen Z yang penuh semangat dan potensi, biasanya cenderung ingin segalanya serba praktis dan instan!

Jika bisnis Anda ingin merangkul kalangan anak muda, MAIA hadir sebagai mitra kreatif yang membantu menciptakan copywriting serta alat marketing efisien dan mudah digunakan.

Misalnya nih, fitur “Smart Heading” MAIA dapat membantu menemukan banyak ide headline, judul, dan materi promosi dalam waktu singkat.

Baca juga : Optimalkan Copywriting Landing Page Menggunakan MAIA

Teknologi AI akan membantu menghasilkan konten dengan gaya tulisan sesuai audiens dari kalangan anak muda, entah itu gaya penulisan fun, casual, profesional, atau gaya bahasa lainnya.

Tak hanya itu, jika Anda memiliki bisnis online shop, MAIA dapat memberikan saran tombol CTA yang mendorong Generasi Zilenial untuk membeli produk cukup sekali klik dengan berbagai metode pembayaran virtual. Baik melalui virtual account (transfer bank), dompet digital, paylater, hingga merchant ritel.

Ditambah lagi, MAIA punya fitur "Smart Text" untuk memeriksa tata bahasa, mengembangkan tulisan, membuat rangkuman, dan bahkan melakukan parafrase teks secara otomatis.

Misalnya, jika Anda ingin menyampaikan informasi tentang kursus online yang menarik bagi Generasi Zilenial, MAIA dapat membantu Anda membuat tulisan yang  sesuai dengan gaya bahasa audiens.

Dengan teknologi MAIA, Anda dapat mengoptimalkan konten bisnis secara lebih efisien agar memastikan pesan bisa sampai ke audiens.

Ayo, buruan daftar akun Mayar.id hari ini, ya! Untuk informasi lebih lanjut dan memulai langkah Anda memanfaatkan MAIA, jangan ragu untuk menghubungi kami di [email protected] atau follow kami di Instagram @mayar_id. Salam sukses!