10 Cara Cepat Jual Tiket Webinar Hemat Budget

10 Cara Cepat Jual Tiket Webinar Hemat Budget

Sedang berjuang jual tiket webinar dan mempromosikan event agar laris? Seringkali, penyelenggara acara harus memutar otak agar tiket bisa ludes terjual dengan biaya operasional rendah.

Untungnya, teknologi di era digital saat ini menyediakan berbagai opsi canggih untuk jualan online tiket. Di Indonesia, salah satu platform event organizer yang bisa diandalkan adalah Mayar.

Tanpa perlu koding atau keahlian IT khusus, Anda bisa membuat sendiri halaman website tiket webinar di Mayar. Untuk panduan langkah demi langkah cara membuat link event silakan cek di sini.

Biarpun begitu, tetap harus ada strategi matang agar penjualan tiket acara Anda meningkat dan laris manis. Bagaimana caranya? Di ulasan berikut kita akan membahas strategi dan keunggulan Mayar bagi Event Organizer. Simak sampai tuntas, yuk!

Tips Jual Tiket Online Hemat Tenaga dan Biaya Marketing

Dengan platform manajemen tiket seperti Mayar, Anda bisa lebih mudah meningkatkan penjualan tiket secara online.

Berdasarkan survey Social Tables, sekitar 40% salesperson mengatakan sangat sulit menemukan prospek baru dan menjual tiket.

Namun, di era modern strategi penjualan tiket sudah tak sama lagi. Semuanya bisa dilakukan dalam sekali klik bersama Mayar.

Berikut adalah beberapa tips menjual tiket online yang laris berbiaya rendah versi Mayar:

1. Tingkatkan audiens melalui pre-selling

Coba ingat-ingat strategi yang dilakukan bisnis entertainment, katakanlah promosi film untuk memikat penonton.

Mereka membuat teaser klip atau trailer adegan film untuk menambah rasa penasaran bagaimana kisah lengkapnya.

Ditambah lagi, ada beberapa meme dan potongan adegan yang bocor di internet.

Begitulah cara Anda memasarkan event atau acara virtual Anda. Pemasaran dapat dimulai dua, tiga, atau bahkan enam bulan sebelumnya.

Dengan membagikan agenda atau jadwal acara Anda, maka audiens target akan tertarik melihatnya sebelum tanggal perilisan.

Jangan khawatir, Mayar dapat membantu membuat website event Anda secara otomatis. Mulai dari halaman web, landing page, tombol 1-Click Checkout hingga portal pelanggan, komplit tersedia.

Selanjutnya, siapkan media sosial dengan postingan-postingan viral tentang event Anda. Semakin hype, semakin besar peluang acara Anda sukses.

Baca juga: Mantap 5 Aplikasi Webinar Terbaik, Dari Indonesia Juga Ada!

2. Menciptakan rasa kelangkaan

Istilah terkenal untuk menciptakan rasa kelangkaan dalam hal promosi bisnis adalah FOMO atau Fear Of Missing Out.

Jika audiens target merasa mereka mungkin kehilangan sesuatu yang istimewa, mereka cenderung bertindak cepat. Begitu pula dengan pembelian tiket acara eksklusif Anda sebelum terlambat.

Jika dilakukan dengan benar, FOMO dapat mendorong audiens untuk membuat keputusan pembelian yang cepat alih-alih menundanya nanti.

Berikut adalah contoh Mayar Webinar dengan pesan FOMO:

3. Tawarkan diskon pemesanan awal

Untuk meningkatkan penjualan tiket lebih awal, berikan insentif yang menarik dengan diskon pemesanan awal.

Misalnya, 100 tiket pertama dijual dengan diskon 30%. 500 tiket berikutnya dijual dengan diskon 15%, dan seterusnya. Konsep di sini adalah untuk memotivasi pembelian awal.

Orang yang membeli sejak awal biasanya adalah konsumen potensial yang menjadi pelanggan loyal.

Jadi,  pastikan untuk mencatat database data pelanggan loyal ini karena mereka akan sangat mendukung bisnis Anda.

4. Iklan berdasarkan zona waktu yang berbeda

Meskipun Anda mungkin mengadakan acara virtual, Anda tetap harus memperhatikan perbedaan zona waktu bagi audiens.

Katakanlah, audiens yang berada di belahan bumi lain mungkin ingin bergabung namun terkendala waktu tertentu.

Dalam hal ini, Facebook, Instagram, dan Google memungkinkan Anda membuat segmen untuk dipasarkan ke negara dan orang tertentu dengan minat tertentu.

Mengingat bahwa platform tersebut memiliki jangkauan global yang sangat besar, Anda dapat mempromosikan acara Anda ke audiens yang besar dengan biaya minim.

5. Kolaborasi bisnis yang tepat

Kemitraan adalah cara terbaik meningkatkan penjualan tiket event Anda. Bekerja sama dengan Mayar dapat membantu Anda melejitkan penjualan tanpa ribet. Berkolaborasi dengan Mayar Simple Pay, pembayaran tiket akan terasa lebih mulus dan lancar kapan saja.

Selain itu, Mayar dapat diintegrasikan dengan aplikasi Zapier hingga lebih dari 5.000 aplikasi berbeda untuk menambah kecanggihan website event Anda.

Sebagai contoh, Mayar berkolaborasi dengan Indigo Acceleration Program Management untuk acara Webinar “Alternative Fundrising for Startup & SMEs.

Kedua brand dapat saling me-retweet promo untuk mendapatkan lebih banyak follower dan menambah jumlah audiens acara tersebut.

6. Meminta bantuan influencer

Influencer juga membantu menjangkau orang baru dan mempromosikan acara online dengan mudah. Rata-rata, kampanye pemasaran influencer dapat menghasilkan penjualan minimal 1% audiens.

Jika satu influencer dengan 10.000 pengikut mempromosikan acara Anda, maka sedikitnya ada 100 orang menjangkau website dan mendaftar.

Bayangkan, bagaimana kalau Anda meminta bantuan 10 orang influencer? Anda sekarang bisa memiliki potensi 1.000 audiens di acara virtual Anda.

Baca juga: Buat Webinar Berbayar Lebih Mudah Dengan Platform e-Payment Terbaik

7. Kirim email

Jika Anda memiliki daftar email calon audiens, kirimkan email menjelang acara tersebut. Adapun isi materi email antara lain:

· Hype email: Memperkenalkan acara dan membuat daftar email Anda mengetahuinya.

· Agenda: Mengirim email dengan agenda dan topik acara.

· Penawaran: Bagikan penawaran dan fakta menarik tentang acara, peserta, atau topik agar hype tetap berjalan.

· Daftar pembicara: Jika Anda dibantu Speaker, kirim email untuk memperkenalkan mereka.

· Tiket event khusus: Setelah peserta mendaftar ke acara Anda, buat mereka tetap terpikat dengan mengirim email dengan tiket acara digital khusus. Anda dapat menggunakan Mayar untuk membuat tiket khusus dengan kode QR.

8. Affiliate marketing

Merekrut afiliator adalah cara terbaik untuk menjual tiket acara online. Hal ini  sama-sama menguntungkan kedua pihak karena afiliator mendapatkan komisi dan Anda mendapatkan audiens baru.

Anda dapat merekrut afiliator seperti  influencer dan blogger di industri Anda. Sebagai alternatif, gunakan alat penelitian kata kunci seperti “Ahrefs” untuk mencari topik acara dan memperoleh daftar peringkat domain untuk topik tersebut.

Affiliator sangat membantu penjualan tiket acara online karena Anda hanya perlu membayar saat terjadi penjualan. Jika tidak ada penjualan, afiliator akan tetap mempromosikan kepada audiens.

9. Buat tagar khusus

Tagar unik memungkinkan Anda memanfaatkan audiens speaker dan peserta. Ketika mereka berbicara tentang acara Anda menggunakan tagar tersebut, followernya akan memperhatikan.

Pada gilirannya, membantu Anda mendapatkan visibilitas yang lebih baik untuk acara Anda.

Misalnya, Mayar menggunakan tagar #EventStartup dan #Fundraising untuk membagikan postingan terbaru sebelum, selama, dan setelah acara. Yang penting hashtagnya cepat diketik dan mudah diingat.

10. Jalankan GiveAway

Cara alternatif meningkatkan promosi acara online adalah melalui program Give Away atau kompetisi berhadiah. Mulailah dengan menemukan sesuatu yang dapat dihubungkan dengan audiens Anda.

Sebagai contoh, Mayar menyelenggarakan GiveAway tebak-tebakan apa kepanjangan QRIS. Para peserta diminta menjawab di kolom komentar Instagram untuk hadiah pulsa bagi 2 orang pemenang yang akan diundi secara acak.

Setelah kompetisi selesai, para pemenang diberikan hadiah dan akun Instagram Anda memperoleh tambahan follower.

Strategi serupa dapat digunakan untuk acara Anda. Misalnya, jika Anda menyelenggarakan acara pemasaran virtual, Anda dapat mengadakan GiveAway untuk postingan harian.

Setiap kali peserta mempublikasikan konten mereka, mintalah mereka tag akun Instagram Anda dengan tagar sehingga acara Anda ikut dipromosikan.

Baca juga: Trik Menarik Perhatian Peserta Webinar dan Kelas Online Berbayar versi Mayar

Jual Cepat Dan Mudah Tiket Acara Online Anda Bersama Mayar!

Untuk mempermudah manajemen tiket acara online Anda seperti Webinar, cobalah Mayar sekarang!

Mayar membantu Anda menciptakan pengalaman penjualan tiket yang praktis dan mudah digunakan. Cukup daftar akun Mayar, sesuaikan harga dan isi deskripsi, maka halaman website akan dibuat otomatis oleh Mayar.

Mayar dapat menjadi solusi untuk berbagai pengelolaan tiket, termasuk:

- Halaman Web Event Keren & Modern

Halaman website berfitur lengkap dibuat otomatis oleh Mayar, Anda tak perlu koding apapun. Fiturnya meliputi landing page, 1-Click Checkout, dan portal pelanggan.

- Pengelolaan Pelanggan rapi dan terpusat

Peserta event yang sudah mendaftar melalui sistem Check-in tiket dan Barcode Scanner dapat dilacak secara real-time melalui Dashboard Mayar.

- Didukung sistem marketing terintegrasi

Mayar didukung fitur Broadcast massal untuk mengirimkan pesan atau info penawaran menarik sesuai kebutuhan Anda.

- Metode Pembayaran Lengkap & Fee Terjangkau

Pembayaran melalui QRIS, transfer bank (virtual account), e-Wallet, Minimarket, dll.

Contoh Halaman Web Penjualan Tiket Online dari Mayar

Gimana, penasaran mau cek lebih lengkap detail fitur-fitur Mayar? Segera Signup akun Mayar hari ini GRATIS. Jangan lupa, Subsribe Blog Mayar supaya terus mengikuti informasi terupdate lainnya.

Mayar juga hadir di medsos akun Instagram @mayar_id  untuk menambah insight dan wawasan Anda seputar fitur terbaru dan tips bisnis.