Cara Mudah Kirim Uang THR Lebaran Pakai Saldo Mayar

Cara Mudah Kirim Uang THR Lebaran Pakai Saldo Mayar

Era digital membuat kirim uang THR Lebaran makin praktis. Sebab, Hari Raya Idul Fitri menjadi momen bahagia yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Kegembiraan keluarga yang berkumpul akan semakin berlipat ganda dengan hadirnya THR atau Tunjangan Hari Raya.

Biasanya, perusahaan memberikan uang THR di bulan Ramadhan menjelang libur Lebaran. Tapi seolah tak mau ketinggalan, banyak orangtua atau sanak kerabat yang memberikan uang saku kepada anak-anak.

Tradisi memberikan uang saku Lebaran sudah ada sejak bertahun-tahun. Uang akan dimasukkan amplop lalu dibagikan kepada anak-anak, remaja, atau siapapun yang datang bersilaturahim ke rumah kerabat maupun tetangga.

Hanya saja di era digital, tentu uang THR juga ikut berkembang. Kalau dulu dibagikan secara langsung dengan amplop tertutup, sekarang Anda bisa menggunakan fitur Kirim Uang di Mayar untuk membagikan THR lebih praktis dan aman.

Mayar menyediakan fitur transfer atau Kirim Uang lebih mudah dalam sekali klik, baik lewat transfer rekening bank serta dompet digital. Keren banget, kan? Yuk, ikuti terus artikel berikut untuk mempelajari cara mudah Kirim Uang melalui aplikasi Mayar!

Mengenal Fitur Kirim Uang Mayar untuk Bagi-bagi THR Lebaran

Hampir setiap tahun THR dan Lebaran sudah menjadi tradisi yang sulit dipisahkan. Meskipun uang THR dalam amplop atau berupa parcel kue kering sudah sangat lumrah, namun generasi digital savvy saat ini banyak yang memilih transfer uang via dompet digital/ rekening bank. Apalagi, ada sebagian orang yang tak bisa mudik ke kampung halaman.

Metode transfer via rekening bank dan dompet digital dianggap lebih praktis karena terjamin aman tanpa perlu bawa dompet tebal saat berkunjung ke sanak saudara.

Anda kini bisa bagi-bagi angpaw THR Lebaran melalui fitur Kirim Uang Mayar. Dengan fitur Kirim Uang Mayar, pengguna dapat mentransfer uang lewat nomor rekening bank atau dompet digital, seperti Gopay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay.

Fitur Kirim Uang Mayar dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembayaran bisnis, mengirimkan gaji karyawan, bagi-bagi THR Lebaran, sampai memberikan donasi atau berbagi rezeki di bulan Ramadhan.

Baca juga: Transfer dan Terima Uang Lewat Link Mayar, Alternatif Paypal

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba fitur Kirim Uang Mayar, mari simak langkah panduannya di bawah ini.

Panduan Transfer THR Lebaran Melalui Fitur Kirim Uang Mayar

Lebaran Idul Fitri adalah saat berbagi rezeki dan kegembiraan. Berbagi uang THR Lebaran menjadi lebih mudah dan bermakna jika dilakukan secara cepat dan tepat.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan fitur Kirim Uang Mayar secara online melalui rekening bank dan aplikasi dompet digital, seperti Gopay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay.

Kalau dikirimkan secara transfer online, tentu lebih praktis dan aman, kan? Karena Anda tak perlu membawa uang tunai ke mana-mana ketika bersilaturahmi.

Agar lebih jelas, mari simak cara kirim uang lewat Mayar untuk Anda yang akan bagi-bagi THR Lebaran:

1. Isi/ top up saldo Mayar

Untuk membagikan uang THR Lebaran kepada sanak kerabat, karyawan, asisten rumah tangga, dll, Anda perlu memastikan bahwa saldo Mayar sudah terisi. Caranya:

-      Login ke website Mayar.

-      Klik “Penarikan & Top Up” di menu Akun Saya yang berada di sisi kiri Dashboard.

-      Kemudian di layar utama akan muncul informasi jumlah Total Saldo, klik tombol “TOP-UP”.

2. Kirim Uang

-      Klik tombol “BUAT” di sudut kanan atas Dasboard.

-      Selanjutnya akan muncul berbagai opsi, pilih “Kirim Uang”.

-      Akan muncul tampilan formulir “Buat Pengiriman Uang/ Top up”. Terdiri dari beberapa kolom isian, seperti:Nama Penerima, Mata Uang, negara, kirim ke rekening bank/ e-wallet, no rekening, deskripsi, dll.

-      Jika semua kolom sudah diisi dengan benar, konfirmasikan prosesnya dengan mengklik tombol “KIRIM UANG/ TOP UP”.

-      Proses kirim uang selesai.

Seperti itulah cara kirim uang THR Lebaran memakai fitur Mayar. Mudah banget, ya! Anda bisa mencobanya dengan daftar akun Mayar di sini terlebih dulu.

Baca juga: Cara Menggunakan Link Pembayaran, Terima Uang Praktis

Uang THR untuk Mempersiapkan Pengeluaran Lebaran

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa sih kita perlu membagikan THR Lebaran? Kebanyakan mayoritas penduduk Indonesia beragama Muslim akan mempersiapkan segala sesuatu menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Terutamanya, menyambut kedatangan sanak kerabat dan saudara yang berkunjung ke rumah. Minimal uang THR Lebaran dapat dibelanjakan untuk membeli makanan sebagai suguhan para tamu. Ditambah lagi, anak-anak biasanya meminta baju baru ketika Lebaran.

Meskipun hal ini bukan prioritas setiap orang, alangkah bagus jika kita mempersiapkan kondisi keuangan agar bisa menjamu para tamu dan merayakan momen Lebaran bersama keluarga besar.

Tak heran jika Hari Raya Idul Fitri disebut sebagai momen konsumtif karena masyarakat cenderung lebih sering berbelanja dibandingkan hari-hari biasa.

Berikut adalah beberapa pengeluaran yang perlu dipertimbangkan mendekati hari Lebaran:

1. Membayar Zakat Fitrah

Kewajiban seluruh umat Muslim yang mampu dan berpenghasilan tetap adalah membayar zakat Fitrah kepada mereka yang membutuhkan. Zakat Fitrah dapat berupa uang atau makanan pokok, seperti beras 3 kg.

2. Mempersiapkan Ongkos Mudik Kampung

Siapapun yang tinggal merantau pasti akan menjadikan momen Lebaran sebagai hari libur panjang dan mudik ke kampung halaman. Rasa rindu karena tidak berjumpa dengan sanak kerabat, teman, dan saudara bertahun-tahun seolah terhapus dengan saling meminta maaf dan bersilaturahim.

Tentunya, semakin jauh kampung halaman juga ongkosnya semakin mahal. Alangkah bijak kalau Anda dapat mempersiapkan biaya mudik Lebaran sejak jauh-jauh hari. Biaya mudik meliputi tiket transportasi, biaya bahan bakar kendaraan, makan, oleh-oleh, dll.

3. Kue Lebaran

Apakah Anda mudik ke kampung halaman maupun tidak, yang jelas kue Lebaran harus tersedia di meja tamu. Pasalnya, kemungkinan besar ada beberapa tetangga, teman dekat, mitra bisnis, yang bisa saja datang ke rumah untuk berkunjung.

Mempersiapkan kue Lebaran juga termasuk pengeluaran “wajib” selama Lebaran untuk menjamu tamu.

4. Biaya hidup di kampung

Tanpa disadari biaya-biaya selama menghabiskan libur Lebaran di kampung halaman juga menggerogoti rekening. Sebagai contoh, Anda mungkin mengajak keluarga jalan-jalan, kuliner, membeli makanan di luar rumah, dll.

5. Pakaian baru

Sebetulnya jenis pengeluaran yang satu ini bisa dihilangkan, namun ada beberapa orangtua yang tak tega jika anak-anaknya tidak membeli baju baru ketika Lebaran.

Belanja pakaian baru boleh saja, asalkan tetap harus berbelanja secara bijak dan hati-hati agar kondisi finansial terjaga.

6.    Dana cadangan

Selama mudik Lebaran Anda juga perlu membekali diri dengan uang tunai sebagai dana cadangan. Dana ini akan berguna ketika dibutuhkan secara mendadak, entah itu ada anggota keluarga yang sakit, kendaraan perlu masuk bengkel saat mudik, dll.

Baca juga: Cara Pakai Link Pembayaran, Bagikan ke Medsos Kapanpun!

Tahukah Anda bahwa sebenarnya momen mudik Lebaran sangat membantu perekonomian negara. Menurut laman Kompas, sekitar 58% perputaran uang terjadi di Pulau Jawa, di mana kebanyakan perantau kembali pulang ke tanah kelahirannya di Jawa.

Mereka menggunakan uang untuk berbelanja di pasar tradisional, pasar modern, maupun aplikasi belanja online. Tak kurang dari Rp28 triliun uang diperdagangkan selama libur Lebaran 2022, tentunya angka ini akan terus meningkat setiap tahun seiring pertumbuhan penduduk.

Cara Kirim Uang Secara Massal di Mayar

Asyiknya Kelola Pengeluaran Mudik Lebaran dengan Aplikasi Mayar!

Selama mudik atau berlebaran di kampung halaman mungkin tanpa disadari kita terlalu boros berbelanja dan menghamburkan uang.

Perlu diingat bahwa pasca mudik masih ada biaya-biaya sehari-hari yang perlu dibayar. Contohnya seperti membayar tagihan listrik/ air, melunasi pajak kendaraan, biaya sekolah anak, dll.

Oleh karenanya, kita perlu mengelola pengeluaran keuangan agar lebih efisien dan efektif. Jangan sampai sepulang mudik Lebaran, saldo rekening habis tak bersisa, bahkan defisit.

Baca juga: Bill Payment Mayar, Kelola Pengeluaran Bisnis Makin Praktis

Yuk, gunakan aplikasi Mayar untuk mengelola pengeluaran dan keuangan bisnis Anda. Mayar dilengkapi berbagai fitur menarik, seperti bill payment, smart invoicing, terima pembayaran produk fisik/ digital, dan masih banyak lagi segudang fitur canggih lainnya.

#PakeMayarAja cocok untuk freelancer, bisnis berkembang, startup, dan personal. Daftar akun Mayar hari ini dan mulai digitalisasi bisnis Anda sekarang juga!

Lengkapi list teman Instagram Anda dengan menambahkan akun @mayar_id agar semakin banyak memperoleh info-info terupdate seputar bisnis.