7 Ide Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Beromzet Besar

7 Ide Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Beromzet Besar

Kalau muncul pertanyaan, “Adakah ide usaha rumahan modal kecil, tapi omzetnya gede?”

Sebenarnya, ada banyak ide usaha rumahan yang bisa dijalankan. Anda hanya perlu memilih ide usaha modal kecil yang tepat, dan merencanakan persiapan secara matang.

Ada sebagian orang yang bilang, bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan. Tapi, tentunya sebelum menjalankan bisnis kita butuh persiapan dan modal.

Ketersediaan modal adalah salah satu pertimbangan penting dalam menentukan ide usaha rumahan yang tepat.

Tapi, jangan khawatir! Di postingan artikel kali ini, kita akan mencoba memberikan inspirasi usaha modal kecil apa yang cocok dijalankan.

Bahkan, dengan modal yang kecil, namun kalian akan memperoleh omzet besar seiring dengan berkembangnya usaha tersebut.

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan Kekinian, Modal Kecil Untung Besar!

Ide Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Beromzet Besar

Terdapat banyak sekali ide usaha rumahan yang peluangnya dapat membuat kalian untung besar.

Walaupun tentu saja, tak semua usaha nantinya bertahan lama seiring perubahan yang akan terus terjadi.

Nah, mari simak beberapa ide usaha modal kecil yang tak lekang oleh waktu berikut ini.

1. Jualan pulsa dan paket internet

Bagi pengguna smartphone, pastinya tidak bisa lepas dari kebutuhan pulsa dan paket internet.

Tak hanya menjadi agen pembayaran elektrik, kalian dapat membuka usaha isi pulsa elektrik dan paket internet dari rumah kalian.

Kalian hanya perlu mencari vendor pulsa dan paket internet yang secara khusus menjual untuk kalangan reseller pulsa dengan harga yang tersedia lebih miring dibandingkan pada situs belanja online.

Kalian juga bisa siapkan banner dengan promo menarik di depan rumahmu guna menarik perhatian calon pelanggan di lingkungan sekitar kalian.

2. Frozen Food

Kalian dapat mempersiapkan jualan frozen food karena sebagian orang terutama yang kerja di pagi hari ingin memasak dengan menu praktis.

Dengan adanya frozen food, bahan masakan dapat disimpan di freezer untuk waktu yang cukup lama.

Hal ini sangat memudahkan karena tak perlu repot ke pasar setiap harinya guna belanja bahan masakan.

Jangan khawatir, frozen food ini akan selalu menjadi andalan setiap ibu rumah tangga. Jadi, frozen food tetap akan laris manis di sepanjang waktu.

Kalian dapat menjual frozen food contohnya nugget, daging, risol atau pastel isi sayuran, siomay, dimsum, udang atau cumi beku, daging sapi atau ayam, sampai beragam jenis sayuran potong.

Untuk pastel, risol, atau camilan gorengan lainnya mungkin kalian dapat membuatnya sendiri.

Sedangkan, untuk jenis frozen food yang lain kalian mulai mencari produsen frozen food yang terpercaya dan bersertifikasi BPOM. Dengan begitu, frozen food yang kalian jual aman untuk dikonsumsi.

3. Jasa Menjahit

Dalam menjalankan ide usaha ini, modal yang dibutuhkan hanyalah keterampilan menjahit, mesin jahit dan sedikit ruang di rumah guna menjahit.

Kalian dapat memulai membuka jasa permak dan jahit ataupun pemasangan aksesori pakaian.

Jika keterampilan menjahit kalian telah meningkat, dapat dicoba membuka jasa pembuatan baju ataupun setelan sesuai dengan permintaan pelanggan.

Layanan jasa ini membuat kalian tetap bisa mendapatkan penghasilan tanpa harus keluar rumah.

Baca juga: 7 Kiat Sukses Jualan Online yang Menguntungkan

4. Jasa Laundry Kiloan

Di era pasca pandemic saat ini, masih banyak orang yang beraktivitas walaupun hanya di dalam rumah.

Beberapa di antaranya yakni orang yang super sibuk dengan kegiatannya sehari-hari.

Mungkin saja mereka juga tidak memiliki waktu yang cukup untuk mencuci pakaian atau sprei dan bed cover.

Oleh karena itu, jasa laundry kiloan ini dapat menjadi ide usaha rumahan yang kalian pilih.

Buka usaha laundry kiloan di area yang dekat kost ataupun kompleks perumahan ini dapat membantu kalian dalam memberikan tambahan penghasilan.

5. Jasa Tempat Cuci Motor

Ide usaha rumahan yang satu ini memang sudah banyak dilirik orang, karena kalian tidak perlu membutuhkan modal besar dalam menjalankan usaha ini.

Apalagi, membuka jasa tempat cuci motor menjadi jenis usaha rumahan yang menjanjikan.

Apalagi saat musim hujan tiba, pelanggan nantinya terus berdatangan dengan sepeda motor ataupun mobilnya yang kotor karena terkena hujan.

Beberapa alat yang diperlukan misalnya kanebo, kompresor, sampo mobil/motor, ember, selang, listrik dan pastinya air.

Untuk perkiraan modal yang dibutuhkan membuka usaha ini yakni sekitar Rp 8 juta.

6. Buka Warung Kopi

Kopi menjadi minuman yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Meskipun saat ini kafe telah menjamur dan menyediakan beragam jenis kopi, ide usaha rumahan ini dapat kalian pilih.

Modalnya hanya beberapa alat untuk peracik kopi, serta lokasi strategis, bisa memakai teras di depan rumah.

Tapi, perlu diingat juga jika membuka warung kopi ini membutuhkan sedikit latihan guna mengolah kopi dengan baik.

Jika kopi dikelola dengan baik, bukan tak mungkin usaha rumahan ini dapat berkembang menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di masa depan.

7. Online Shop

Usaha rumahan berikutnya yang banyak diminati yakni online shop. Usaha yang menggunakan media sosial sampai e-commerce sebagai sarana berjualan ini, cukup menjanjikan dengan keuntungan yang menarik.

Selain tak memerlukan modal besar, usaha ini juga bisa dikerjakan dari mana saja.

Hanya cukup dengan laptop ataupun smartphone dengan akses internet yang memadai, kalian sudah dapat menjalankan usaha online shop.

Nah, kalian tinggal menentukan produk apa yang ingin diperjualbelikan, contohnya pakaian, makeup, hijab, masker kain, skincare, aksesoris, jaket, mainan dan lainnya.

Kemudian, kalian bisa cari produsen yang membuka kesempatan untuk reseller ataupun dropshiper. Semua dapat disesuaikan dengan apa yang kalian suka.

Baca juga: 7 Ide Kreatif Jualan Online, Paling Laris dan Cepat Laku!

Jualan Online Makin Praktis dan Modern dengan Platform e-Commerce Mayar.id!

Bagi wirausaha yang jualan produk secara online, yuk permudah usaha kalian dengan Mayar yang akan membantu kalian lengkap dengan katalog online hingga pembayaran digital.

Sebagai salah satu aplikasi jualan online yang terpercaya, Mayar menawarkan beragam fitur menarik untuk membantu usaha online kalian, antara lain:

1. Semua Otomatis

Digitalisasi untuk usaha online sekarang telah menjadi suatu kebutuhan. Mayar dapat mendukung UMKM di Indonesia dengan menyediakan platform yang terima order dan pembayaran online secara modern.

Kalian dapat menjalankan usaha dengan mudah dan praktis, sebab pembuatan website otomatis, hitung ongkir otomatis, penjemputan kurir, katalog online instan, dan fitur fungsional canggih lainnya hanya ada di Mayar.

2. Berbagi ke Media Sosial

Dimana saja kalian berjualan, percayakan pada Mayar karena kalian dapat membagikan tautan atau link produk yang telah dibuat ke media sosial seperti Facebook, Tiktok, Instagram, Twitter hingga Whatsapp, hanya dengan sekali klik.

3. Terima Order Dengan Pembayaran digital

Untuk setiap order yang masuk nantinya muncul di dashboard, kalian bisa lebih praktis dalam memantau alur kas finansial, kemudian print label, mengemas barang pesanan, dan meminta paket supaya dijemput kurir.

Nah itu tadi beberapa ide usaha modal kecil beromzet besar, yang bisa dicoba. Jangan lupa, ikuti terus update artikel terbaru hanya di Blog Mayar dan follow, like, serta comment di akun Instagram: @mayar_id agar tak ketinggalan info menarik lainnya.

Ayo, segera daftar di Mayar untuk kalian para pemburu cuan online shop! Butuh bantuan atau ada pertanyaan, hubungi [email protected].